Aneka Bentuk dan Jenis Sirip Ikan Cupang

cupang hias, ikan hias cupang, ikan hias, gambar ikan cupang

Ekor mahkota atau crown tail adalah sebutan untuk tulang sirip yang muncul dari helai sirip ekor cupang serit. Nama itu menjadi rancu karena ada yang berpendapat, crown tail sudah pasti cupang serit, tetapi cupang serit belum tentu crwon tail. Namun, yang pasti ada banyak tipe serit cupang dengan ciri tersendiri.

1. Cupang Hias (Betta splendens)

Cupang Hias (Betta splendens) pengembangan cupang slayer. Sejarahnya di Indonesia, ia dikenal sejak 1960-an. Ekor panjang bak selendang, sehingga disebut slayer. Lantaran menjuntai mirip ekor burung asal Papua, ia juga populer dengan cupang cenderawasih. Ada pula yang menyebutnya cupang ekor kipas atau kupu-kupu. Berbeda dengan cupang hias generasi baru, pada ujung sirip cupang slayer belum dihiasi tulang sirip yang menonjol.

Budidaya cupang hias pada 1990-an sampai sekarang menghasilkan beragam jenis sirip. Ada yang berduri panjang berbentuk sisir atau serit sehingga disebut comb tail sampai menggelembung seperti balon. Menurut Achmadi, pakar cupang hias di Jakarta Barat, nama comb tail ini selanjutnya hanya untuk tipe serit tunggal atau serit pendek. Untuk serit double lebih tepat disebut crown tail atau ekor mahkota.

2. Butterfly

gambar ikan, jenis cupang, budidaya cupang, jenis ikan cupang, budidaya ikan cupang, cupang aduan

Cupang butterfly juga dikenal dengan nama ikan cupang serit bulan atau serit kipas. Sebenarnya istilah itu salah kaprah. Bukan bentuk seritnya yang mirip rembulan, tetapi ekor mengesankan bulan atau kipas. Bentuk sirip semua lebar, sedangkan sirip ekor polos tanpa ada tulang sirip yang keluar. Jika sedang mekar seluruh sirip saling menutup atau ngeplak sehingga berbentuk bulatan seperti bulan. Sehingga disebut ekor bulan, ekor kipas atau fan tail.

3. Cagak

cupang hias, ikan hias cupang, ikan hias, gambar ikan cupang

Cagak

Kalau dilihat sepintas, jenis ini hampir mirip dengan butterfly. Bedanya sirip ekor ditengah terbelah dua. Namun, ada juga yang membelah tidak simetris. Karena ekor terbelah 2, ia disebut double tail. Tipe serit cagak ada yang tepi siripnya berduri dan polos. Cagak sudah lama dikembangkan dan dikenal dengan nama split tail. Jika posisi sirip punggung sejajar dengan posisi sirip perut disebut double tail super delta.

4. Serit Tunggal

Tipe ini tulang sirip-siripnya keluar membentuk ruas sisir sehingga disebut comb tail. Walau sudah lama dikembangkan, tetapi masih diminati karena bentuknya dianggap lebih rapi dan menarik dibanding pendatang baru.

ikan cupang, cara cupang, di cupang, cupang hias, ikan cupang hias, ikan hias, gambar cupang, cupang aduan, adu cupang

Serit Tunggal

5. Serit Silang

gambar ikan, jenis cupang, budidaya cupang, jenis ikan cupang, budidaya ikan cupang, cupang aduan

Serit silang

Tipe ekor serit silang tergolong langka. Menyilangnya serit merupakan pembentukan dari tulang sirip ekor yang saling bersilangan. Sampai saat ini serit silang belum bisa dikembangkan menjadi strain baru. keberadaannya tidak pasti, satu ekor di antara ribuan anakan. Serit yang menyilang baru dijumpai pada sirip ekor saja. Kalaupun ditemukan cupang serit silang tidak sempurna. Cupang serit silang sempurna yang pernah ditemukan disebut king crown tail atau ekor mahkota raja.

6. Serit Ganda

Tipe serit ganda diperkenalkan pada tahun 2000. Pada bagian ujung tulang sirip terpecah menjadi 2 bahkan 3. “Kalau dilihat, ujung pola serit itu berbentuk mahkota,” tutur Henry Gunawan, peternak di Tangerang. Pada perkenalan dengan komunitas cupang dunia melalui internet, ia menyebutnya crown tail. Sejak itulah strain khas Indonesia disebut ekor mahkota atau crown tail. Oleh International Betta Congres (IBC) Amerika, crown tail menjadi kategori baru yang sistem penilaiannya akan dibuat standar baku.

cupang hias, ikan hias cupang, ikan hias, gambar ikan cupang

Serit Ganda

7. Double Ray

Pada perkembangan selanjutnya tipe serit 2 berkembang menjadi serit 4 dan 8. Menurut Yoehan, ketua Asosiasi Cupang Hias Indonesia (ACHI), ada 2 tipe serit 4. Berangkai dalam satu poros disebut fourth dan model 2 poros atau dua-dua. Yang terakhir dirumuskan DDR atau double-double-ray. Setelah 4 ujunr serit terbelah lagi, terjadilah serit 8. Model ini rumusnya DDDR atau double-double-double-ray.

8. Highfin / Halfstand

Yang disebut tipe highfin atau halfstand jika posisi sirip punggung berdiri tegak. Pangkal sirip punggung hampir sama besar dengan pangkal sirip perut. Panjang sirip punggung juga sama dengan sirip perut. Jika bentuk sirip tersebut ada pada cupang bertipe crown tail maka disebut strain crown tail halfstand; tipe kipas, strain butterfly highfin; tipe cagak, strain double tail highfin.

Baca Juga :  10 Hewan Peliharaan Unik Paling Mahal di Dunia

9. Halfmoon

Cupang halfmoon berasal dari Perancis. Kategori inilah yang ramai di kontes ikan cupang Internasional. Seluruh siripnya saling menyatu (ngeplak) membentuk setengah lingkaran atau separuh bulan. Bila tidak memenuhi syarat ini, ia disebut half moon geno. Posisi pangkal depan sirip punggung sejajar dengan pangkal sirip perut. Tipe halfmoon juga kerap dijumpai pada tipe sirip cagak dan tipe butterfly.

10. Serit Balon

Tipe ini mirip dengan tipe serit double tetapi pada setiap helai siripnya mengembang membentuk gelembung seperti balon. Tipe serit seperti ini kerap dijumpai pada tipe serit ganda. Penampilan cupang yang bertipe sirip balon sangat gagah sehingga di sebut Maskulin crown tail.

11. Merak

Cupang ekor serit merak sepintas seperti serit ganda, perbedaannya hanya pada panjang ekor. Tipe merak serit berekor pendek, mekar dan bulat (rounded). Sedangkan sirip punggung dan sirip perut lebih panjang jika dibandingkan dengan sirip ekor. Sehingga, terlihat seperti manvis (Pterophyllum scalare). Penampilannya sangat macho dan tipe ini dikenal dengan nama lain peacock crown tail.

Melihat perkembangan budidaya cupang hias yang sangat pesat, sangat mungkin dijumpai bentuk baru yang pasti memunculkan nama ikan cupang dan jenis sirip yang baru. apalagi sekarang banyak penangkar mengimpor bibit cupang. Irwan Sugandy di Jakarta Barat, misalnya. Selain cupang putih, ia memproduksi cupang kuning dan half moon dari indukan asal mancanegara. 11 Jenis Sirip Ikan Cupang.

error: