10 Daftar Burung yang Bisa Menirukan Suara Layaknya Manusia

Burung berbicara menjadi suatu fenomena yang sangat menakjubkan dan menggemaskan. Sudah mungil, berbulu lembut, dan warna-warni, dia bisa meniru suara kita juga. Beberapa bahkan seperti sudah bisa berceloteh dan menyanyi.

Membahas tentang burung yang bisa berbicara, kita pasti langsung teringat pada beo. Ada beragam beo yang rupanya mampu memahami bahasa manusia dengan sangat baik. Nah berikut ini top 10 burung bicara yang sangat pandai. Jom!

1. Nuri Abu-abu Afrika (African Grey Parrot)

jenis burung bisa bicara, burung bisa bicara di indonesia, gambar burung bisa bicara, burung yang bisa bicara selain beo

via : prymemag.com

Burung abu yang khas ini disebut-sebut sebagai beo paling cerdas di dunia. Sesuai namanya, mereka hanya bisa ditemukan di hutan endemik yang ada di wilayah Afrika Tengah dan Barat. Selain mampu melakukan imitasi ucapan manusia, mereka juga dikenal karena pemahamannya yang luar biasa.

Namun burung ini hanya memiliki keterikatan lebih dengan satu orang saja. Hubungan tersebut juga sangat berpengaruh terhadap kelancaran berbicaranya. Kemampuannya itu tak hanya dimanfaatkan untuk hiburan belaka, melainkan juga untuk mengerjai atau menipu para predatornya.

2. Blue-Fronted Amazon

daftar burung yang bisa bicara, burung yang bisa dilatih bicara, burung yang bisa diajak bicara, daftar burung yang bisa berbicara

via : birdslover.com

Namanya diambil dari ciri warna biru pada bagian depan kepalanya. Burung ini memang sangat populer dijadikan sebagai binatang peliharaan. Agar kemampuan bicaranya terus terasah, pemeliharanya harus memanfaatkan quality time yang lebih intens.

Kalau terlatih dengan baik, mereka bisa mengobrol berjam-jam. Namun burung ini biasanya memiliki chemistry dengan satu manusia saja. Mereka pun hanya melakukan mimic suara dengan sosok yang sudah dekat saja.

Baca Juga :  Klasifikasi Buaya di Dunia (Crocodile Classification)

3. Burung kesturi (Budgerigar)

burung yang bisa dilatih bicara, burung yang bisa diajak bicara, daftar burung yang bisa berbicara

via : pinterest.com

Pada tahun 1995, budgerigar memegang World Guinness Record karena berhasil mengembangkan sekitar 1728 perbendaharaan kata. Namun tidak semua spesies bisa menjangkau jumlah kata tersebut. Rata-rata dari mereka bisa mempelajari kurang-lebih 300-500 kata dan kalimat. Untuk melihat burung jenius ini, kita bisa mengunjungi daerah asalnya di Australia.

Mereka mendengarkan apa pun kata atau istilah yang diucapkan pemiliknya ketika sedang sendirian. Kalau sudah berceloteh dengan sesama budgerigar, mereka justru tak akan mendengar suara-suara di sekitar, termasuk orang yang merawatnya. Mereka akan fokus menikmati quality time dengan burung lain.

Sebenarnya burung yang kerap dijuluki parkit oleh orang Indonesia ini, baik jantan atau betina bisa meniru ujaran manusia. Tetapi kalau dibandingkan, yang jantan sepertinya memiliki kompetensi yang lebih baik. Nada atau tone yang mereka pakai pun lebih pas.

4. Nuri bayan (Eclectus Parrot)

burung nuri yang bisa ngomong, ciri burung nuri yang bisa bicara, jenis burung yang bisa bicara di indonesia, jenis burung yang bisa berbicara di indonesia, burung yang bisa bicara di indonesia, jenis burung bisa bicara di indonesia

via : pinterest.com

Beo ini asli dari Pulau New Guinea. Mereka kesohor karena bisa berbicara atau melafalkan kosa kata dengan jelas dan berkualitas. Mereka menyerap dan mengikuti apa pun yang dilontarkan orang-orang skeitar, atau juga suara lain yang dianggap menarik. Malah pemiliknya sendiri sering tertipu.

Beberapa diantaranya bahkan bisa membuat kita terkagum-kagum. Pasalnya, mereka berpotensi mampu belajar dan menyanyikan sebuah lagu secara utuh. Baik yang betina atau pun yang jantan, keduanya dikarunia suara yang merdu dan menawan.

Baca Juga :  9 Manfaat atau Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan

5. BEO (Hill Myna)

binatang yang lebih pintar dari manusia, binatang yg sangat pintar, binatang yang pintar, binatang yg pintar sembunyi

via : pinterest.com

Di kawasan Asia Tenggara, burung berbicara ini menjadi salah-satu spesies terbaik. Betapa tidak, hill myna bisa menirukan suara dengan nada dan kualitas yang nyaris serupa.

Selain itu, burung ini juga bisa berciut, melengking, seperti meratap, atau sekadar bersiul-siul. Dua dari spesies burung ini, yang terkenal bisa berbincang dengan jelas dari burung lainnya, yakni The Great Indian Hill dan Common Hill Myna.

6. Parkit bergaris merah (Rose-ringed parakeet)

jenis burung bisa bicara di indonesia, jenis burung yang bisa bicara, jenis burung parkit pandai bicara

via : pinterest.com

Spesies beo yang satu ini memang istimewa. Kemampuannya untuk meniru suara manusia dinilai sedikit berbeda dibanding dengan beo lainnya. Apalagi kalau sering-sering diajak untuk ngobrol.

Mereka juga bisa belajar dan mengoleksi sekitar 200-250 kosa kata. Kata-kata yang ditangkap tak hanya ketika berbincang saja, melainkan ketika mendengarkan musik juga.

7. Kakatua

burung kakatua bisa bicara, harga burung kakatua bisa ngomong, burung kakatua bisa ngomong, burung kakak tua bisa bicara, burung kakak tua bisa ngaji

via : toateanimalele.ro

Burung ini dikenal karena kepandaiannya ketika bersosialisasi, berbicara, dan menirukan aneka suara. Apalagi kakaktua jenis rose-breasted, yellow-crested, dan long-billed cockatoo.

Namun lagi-lagi, skill mereka sangat tergantung pada kualitas training yang dijalaninya. Agar lebih lancar berbicara, mereka juga memerlukan perawatan khusus. Apa yang sering diucapkan manusia akan sering mereka tiru sampai fasih.

8. Parkit Monk (Monk Parakeet)

jenis burung yang dapat berbicara, jenis burung yang dapat menirukan suara burung lain, jenis burung yang dapat dimakan, jenis burung yang dapat di master

via : pinterest.com

Burung berikutnya biasa hidup di sekitaran Eropa, Amerika Utara, serta Amerika Selatan. Agar bisa lihai dalam menirukan suara, mereka memerlukan perawatan dan pelatihan yang baik.

Baca Juga :  7 Nama Jenis Love Bird (Si Burung Cinta)

Burung sosial ini akan terus belajar menirukan kata-kata yang diucapkan oleh trainernya. Tetapi tak menutup kemungkinan mereka juga akan melakukan mimik suara pada apa pun yang didengar di sekitarnya.

9. Yellow-crowned Amazon

daftar burung yang bisa bicara, jenis burung yang bisa berbicara di dunia dan indoneisa, jenis burung yang bisa bicara seperti manusia, jenis burung yang bisa bicara di indonesia, daftar harga burung yang bisa bicara

via : pinterest.com

Pembicara ulung ini kerap ditemukan di hutan-hutan Amerika Utara dan Selatan. Mereka memiliki sifat yang pengasih dan ceria. Sebagian dari famili beo ini bersuara nyaring dan pandai berbicara atau menirukan suara, sebagian lain tidak pernah berkata sama-sekali.

Namun skill berbicara mereka tergantung dari berbagai hal. Misalnya lingkungan tempat di mana mereka tinggal, serta frekuensi dari interaksi mereka dengan manusia sekitarnya. Keunggulan lain mereka yaitu harapan hidupnya yang panjang, yakni mencapai 60 tahunan.

10. Yellow-naped Amazon

burung yang bisa menirukan suara manusia, burung yang bisa meniru suara murai, burung yang bisa menirukan banyak suara

via : pinterest.com

Keluarga burung beo amazon lain yang sangat bertalenta yaitu burung yellow-naped. Mereka mampu mengontekstualisasikan ujaran manusia. Tak hanya asal meniru, melainkan menyalin kata-kata dengan kualitas keren. Lebih lagi mereka sudah bercuap-cuap sejak usia belia.

Mayoritas perkataannya diambil dari pemiliknya sendiri. Perbendaharaan katanya pun tergantung siapa orang yang selalu mendampinginya. Seperti halnya Blue-Fronted Amazon, mereka juga cenderung membangun bonding atau ikatan kuat dengan seorang manusia saja. Semakin bagus interaksinya, semakin keren juga skillnya.

Terbayang betapa seru dan asyiknya jika kita bisa memiliki dan menjadi trainer bagi burung-burung di atas. Yang mana yang ingin kamu rawat? Demikian, 10 Burung Terbaik yang Bisa Menirukan dan Bicara Suara Manusia. #RD

Loading...
error: