Keren, Pohon Kedondong Listrik Ciptaan Naufal Raziq

Tidak hanya buah kedondong yang kaya akan manfaat, pohonnya pun ternyata tidak kalah bermanfaat bagi manusia.

Siapa sangka, seorang pelajar kelas 3 MTSN Langsa Lama, Kota Langsa Aceh bernama Naufal Raziq telah berhasil menemukan energi listrik dari pohon kedondong.

Sebelumnya Naufal hanya mencoba-coba dikarenakan mempunyai tugas eksperimen dari sekolahnya. Naufal pun mencoba pengujian dengan beberapa pohon buah yang dapat menghantarkan listrik. Dengan bantuan ayah yang bekerja di bagian elektronik, akhirnya Naufal sukses menemukan sumber listrik alami dari pohon kedondong di depan rumahnya.

Dilansir dari goaceh.co. Awal ekspiremen yang dia lakukan memakai pohon mangga, tapi tidak membuahkan hasil. Sampai akhirnya menemukan pohon kedondong pagar yang getahnya bisa menjadi listrik. Sekarang, kurang lebih 60 rumah di Aceh telah mempergunakan listrik dari pohon kedondong.

penemu pohon kedondong listrik, listrik dari pohon kedondong, nama bocah penemu kedondong listrik, anak indonesia menemukan kedondong listrik

goaceh.co

Menurut Naufal 1 rumah dapat dialiri listrik dengan 10 pohon kedondong pagar. Penemuannya menghasilkan daya listrik 0,5-1 volt per elektroda yang dipasang dari rangkaian kedondong yang dipilih. Hingga akhirnya temuannya didengar oleh perusahaan raksasa BUMN, PT Pertamina. Pada acara Science Fun Fair pada tahun 2016 Naufal pun mengenalkan hasil temuannya. PT Pertamina membantu Naufal meningkatkan pemanfaatan energi dari pohon kedondong tersebut.

Baca Juga :  Mengatasi Busuk Akar Pada Cabai dan Layu Pada Tomat

Tidak hanya terkenal di berbagai situs news dalam negeri, tetapi sampai keluar negeri seperti Brunei Darussalam dan Turki pun dikabarkan memperebutkan potensi dari Naufal.

Gimana, keren kan ?

Semoga anak-anak Indonesia terinspirasi dengan semangat Naufal. Mampu berkompetensi serta menunjukan pada dunia bahwa sebenarnya putra-putri Indonesia pun bisa bersaing dengan negara luar. Energi Listrik dari Pohon Kedondong Ciptaan Naufal Raziq – DD

Loading...
error: