10 Hewan yang Aneh Langka Paling Sulit Ditemukan di Dunia

ngasih.com. Entahlah, ada berapa jumlah pasti dari aneka hewan yang bertebaran di muka bumi. Kita mengenal hewan yang hidup di darat, laut, maupun udara. Hanya saja, pelan tapi pasti, jumlah beberapa spesies dari mereka semakin berkurang saja. Fenomena ini dibarengi dengan rusak atau hilangnya habitat asli para hewan.

Ditambah lagi dengan angka pemburuan yang semakin meningkat. Hewan-hewan jadi incaran yang menggiurkan. Para pemburu ilegal bisa menjual daging, kulit, bulu, tanduk, atau pun membanderolnya dengan nominal tinggi secara utuh. Tak heran kalau daftar hewan yang hampir punah pun terus bertambah.

Demikian juga dengan kesepuluh hewan berikut ini. Mereka jarang ditemukan sebab habitatnya begitu tersembunyi. Ada yang di gua, ada juga yang di kedalaman lautan. Apa saja? Jom!

1. Addax (Antelop adaks)

binatang langka dan aneh di dunia, foto hewan langka aneh foto hewan langka dan aneh, gambar hewan langka aneh, gambar hewan langka dan aneh

Hewan selanjutnya mirip kijang seperti biasa. Tetapi kijang ini memiliki gigi persegi seperti yang terdapat pada sapi. Tanduknya pun lain, bentuknya panjang dan melengkung. Tak heran kalau orang-orang menyebutnya sebagai kijang tanduk sekrup.

Baca Juga :  Mengenali Bibit Kultivar Mangga Unggul

2. Dugong (Duyung)

hewan aneh dan langka, hewan aneh dan langka bekasi, hewan aneh dan langka di indonesia, hewan aneh langka di indonesia, hewan aneh langka unik

Bukan, hewan ini bukanlah manatee atau lumba-lumba yang berbentuk unik, melainkan hewan laut jumbo yang hadir dari keluarga Sirenia. Dugong ini pernah ditemukan di daerah perairan Australia Utara. Hewan mamalia ini suka melahap rerumputan atau tanaman khas kedalaman laut.

2. Frilled shark (Hiu berjumbai)

hewan laut aneh dan langka, hewan langka dan aneh, hewan langka dan aneh di dunia, hewan langka dan aneh di indonesia, hewan langka paling aneh, hewan langka paling aneh di dunia, hewan langka unik aneh

Para ilmuwan sempat menarik kesimpulan kalau hewan berwujud aneh ini sudah punah seperti dinosaurus. Namun banyak laporan kalau nelayan menangkap dan menemukan bangkainya. Jika diperhatikan, hiu ini justru mirip dengan belut. Tetapi seperti namanya, hiu ini memiliki jumbai, tetapi tidak memiliki sirip punggung besar seperti spesies hiu lainnya.

4. Ichthyophis Kohtaoensis

hewan yang aneh langka dan lucu, hewan yang langka dan aneh, penemuan hewan langka dan aneh

Bentuk hewan yang menyerupai ular ini merupakan amfibi berekor runcing dengan warna khas. Tubuhnya abu-abu, dan bagian perutnya berwarna kuning. Hewan yang memiliki otot pengontrol rahang ini hidup di daerah Thailand, Kamboja, dan Laos.

5. Kakapo

kakapo for sale, kakapo facts, kakapo pet, kakapo video, kakapo pictures, kakapo endangered, kakapo habitat, titicaca water frog

via : kakaporecovery.org.nz

Burung yang satu ini menjadi kakaktua yang tak bisa terbang. Dia hanya bergerak dengan cara berjalan atau naik ke sana kemari. Berat badannya juga cukup gempal, yakni sekitar 8kg. Di daerah asalnya, Selandia Baru, Kakapo sering dijuluki sebagai burung beo hantu.

Baca Juga :  Ikan Merakan atau Kerapu Kembang

6. Kelelawar Bumblebee

hewan aneh tapi langka, hewan langka aneh, hewan langka aneh di dunia, hewan langka aneh indonesia, hewan langka dan aneh, hewan langka dan aneh di dunia

Sebagaimana yang terlihat, hewan ini memang seperti kelelawar pada umumnya. Namun moncongnya mengingatkan kita pada babi. Ukurannya pun tak besar. Jangankan versi kecil, kelelawar bumblebee versi dewasanya pun sangat mungil. Mereka biasa ditemukan di daerah Burma dan Thailand Tenggara.

7. Monito Del Monte

binatang langka dan aneh, binatang langka dan aneh di dunia, foto hewan langka aneh, foto hewan langka dan aneh, gambar hewan langka aneh, gambar hewan langka dan aneh

Namanya diambil dari Bahasa Spanyol, yang berarti monyet kecil. Namun rupanya, hewan ini adalah sejenis marsupial yang bertahan di Argentina serta Chili. Sama seperti hiu jumbai, hewan ini juga sempat dinyatakan punah sejak dulu, sampai kemudian penjelajah modern menemukannya. Dia memiliki ekor panjang yang sangat membantu pergerakannya untuk berayun di cabang-cabang pohon.

8. Olm

hewan laut mirip naga, penemuan hewan mirip naga, hewan yg mirip naga, foto hewan mirip naga, gambar hewan mirip naga

Hewan amfibi mirip naga ini terlihat memiliki tubuh yang panjang, berkaki empat, dan berwarna putih. Mirip ular dan kadal. Hewan ini sendiri tinggal di gua-gua bawah tanah, khususnya yang ada di Italia. Hewan ini memiliki mata, namun tidak berfungsi alias buta. Dia pun sangat mengandalkan indera penciuman dan pendengaran tajamnya.

Baca Juga :  Awas Merpati Lomba Anda Hilang!

9. Saola

foto hewan langka aneh, foto hewan langka dan aneh, gambar hewan langka aneh, gambar hewan langka dan aneh

Binatang berikutnya disebut sebagai mamalia yang paling sulit ditemukan di jagat raya. Wujudnya menyerupai kambing dengan telinga panjang dan ekor kecil, tetapi ia bisa tumbuh sampai ukuran 3 meteran. Area wajahnya pun tampak dihiasi bintik-bintik atau garis-garis putih. Dia hanya menampakkan diri di Laos dan Vietnam.

10. Solenodon

gambar hewan langka aneh, gambar hewan langka dan anehm, foto hewan langka aneh, foto hewan langka dan aneh

via : pinterest.com

Sekilas, hewan ini memang mirip tikus. Ia memiliki moncong yang panjang dan ekornya bersisik. Namun sebaiknya jangan dekat-dekat atau cari masalah, sebab hewan nocturnal dan pemakan serangga ini ternyata memiliki senjata berbahaya berupa liur yang berbisa. Tetapi hewan ini sendiri memang sudah langka, dan hanya ditemukan di kawasan Kuba serta Hispanola.

Ada yang pernah bertemu atau melihat salah-satu diantara mereka, tidak? 10 Hewan yang Aneh Langka dan Paling Sulit Ditemukan Di Dunia. #RD

Loading...
error: