Forbes Merilis Data Terbaru 10 Orang Terkaya di Benua Asia Saat Ini

ngasih.com. Sebagai benua terbesar dan paling padat sejagat, wajar kalau Asia menjadi sasaran empuk untuk membuka usaha. Penduduknya sangat banyak, sumber dayanya pun melimpah. Lebih lagi kita bisa memilih hendak bergerak di bidang apa.

Beberapa orang bahkan sukses sebagai entrepreneur atau pengusaha yang kaya raya di Asia. Mereka berasal dari berbagai negara dan latar belakang bisnis. Ranking mereka juga berubah-ubah. Namun dirilis dari detechter.com, Forbes kerap melakukan update terkait nama-nama yang tercantum. Berikut inilah 10 nama yang dipandang sebagai figur paling kaya di Asia. Jom!

10. Dilip Shanghvi (India) – $10,7 milyar

10 orang terkaya asia, 10 orang terkaya di benua asia, 150 orang terkaya indonesia globe asia, 50 orang terkaya di asia versi forbes, anak orang terkaya di asia, biografi orang terkaya asia, biografi orang terkaya di asia

via : pinterest.com

Lelaki kelahiran Oktober 1955 ini menghabiskan masa kecilnya di kota kecil bernama Amreli, India. Dia merupakan lulusan jurusan commerce atau perdagangan di Universitas Calcutta. Pasca lulus, dia sempat membantu ayahnya yang menjual obat resep generic grosiran.

Dilip Shanghvi merasa kurang puas, sebab mereka harus menjual produk orang lain. Dia pun berinisiatif untuk membuat dan menjual produknya sendiri. Di tahun 1982, dia pun mulai mendirikan perusahaan bernama “Sun Pharmaceuticals”. Risiko besar sudah dihadapi, namun kini dia bisa “merebut kekuasaan” para perusahaan obat lain.

9. Shiv Nadar (India) – $13,2 milyar

cerita orang terkaya di asia, daftar orang terkaya di benua asia, foto orang terkaya di asia, foto orang terkaya di asia tenggara, gambar orang terkaya di asia orang asia terkaya di dunia, orang asia terkaya di dunia, orang batak terkaya di asia

Lelaki berkumis dan berjanggut ini lahir di Tamil Nadu, tepat pada 14 Juli 1945. Dia dikenal sebagai pendiri sekaligus pemimpin dari HCL dan Yayasan Shiv Nadar. Dia juga semakin dikagumi karena aktif beramal. Tak ayal kalau Forbes (2011) memasukkannya dalam daftar “48 Heroes of Philanthropy in Asia Pacific”. India Today juga mencatat namanya di urutan ke-16 sebagai 50 orang paling powerful tahun 2017.

8. Azim Premji (India) – $18,2 milyar

orang terkaya asia 2013, orang terkaya asia 2014, orang terkaya asia 2015, orang terkaya asia 2016, orang terkaya asia 2017, orang terkaya asia forbes, orang terkaya asia forbes, orang terkaya asia tenggara, orang terkaya asia tenggara 2014, orang terkaya asia tenggara 2015, orang terkaya asia tenggara 2016, orang terkaya asia versi forbes

Sebenarnya Premji memang lahir dari keluarga kaya. Ayahnya sukses menjalankan usaha yang diberi nama “Western Indian Vegetable Product”. Namun Premji sendiri meneruskan sekolah ke jurusan Teknik Elektrik di Universitas Standford AS.

Baca Juga :  Fenomena Bisnis Jual Beli Hewan Qurban dan Akikah yang juga Layak Anda Jalani

Pasca kematian ayahnya, dia kembali ke tanah India dan meneruskan usaha keluarga. Tetapi dia tak meneruskan bidang usaha mereka, melainkan belok arah menjadi perusahaan microcomputers. Nama perusahaan pun diubah menjadi WiPro. Aksinya itu semakin mengundang pundi-pundi uang. Dia, bergabung dengan Bill Gates dan Warren Buffet, begitu aktif dalam aktivitas amal, khususnya terkait dunia pendidikan.

7. Tadashi Yanai (Jepang) – $14,5 milyar

orang terkaya benua asia, orang terkaya di asia, orang terkaya di asia, orang terkaya di asia 2014, orang terkaya di asia 2015, orang terkaya di asia barat, orang terkaya di asia dari indonesia sampai jepang, orang terkaya di asia forbes, orang terkaya di asia forbes

Awalnya, Yanai bekerja di sebuah perusahaan yang menjual outfit laki-laki bernama Jusco. Dia kemudian memilih untuk membantu ayahnya, sosok yang kerap membantu memperbaiki pakaian di pinggir jalan. Orang kaya ini bahkan sempat menekuni pekerjaan tersebut selama 10 tahunan. Setelah “belajar bisnis langsung di lapangan”, dia pun mencoba mengelola toko bajunya sendiri yang diberi nama “Uniqlo”. Dia juga mulai mengambil alih bisnis ayahnya, dan mengubah namanya menjadi “Fast Retailing”.

Jalan terjal harus ia tempuh. Namun semua itu justru menempanya sebagai entrepreneur yang tangguh. Kesuksesan dua usahanya pun langsung mengantarkan Yanai sebagai satu dari sekian orang kaya nan sukses di Jepang. Hanya saja, Yanai memiliki jiwa dermawan. Jumlah harta yang digelontorkan untuk amal selalu besar. Untuk korban bencana gempa bumi Sendai saja, dia merelakan sekitar $8 juta. Dia juga kerap menerima penghargaan demi penghargaan. Majalah Bloomberg Markets sendiri menyebutnya sebagai satu dari 50 nama yang paling berpengaruh di dunia.

6. Al Waleed bin Talal (Arab Saudi) – $19,1 milyar

10 orang terkaya di benua asia, biografi orang terkaya di asia, cerita orang terkaya di asia, daftar artis selebritis terkaya di asia, daftar negara terkaya di benua asia, lelaki terkaya di asia, orang terkaya di asia 2017-2018, orang terkaya di asia tenggara tahun 2014-2017

via : pinterest.com

Pangeran al-Walid, dia merupakan anggota keluarga kerajaan Saudi. Pria kelahiran 1955 ini memang keturunan orang kaya Lebanon. Dia kemudian melanjutkan sekolah militer, Administrasi Bisnis, dan menempuh gelar master di Universitas Syracuse. Investasi real estate semakin membuat tabungannya kembung. Dia pun membeli saham di perusahaan lain seperti Twitter, 21st Century Fox, Disneyland Paris, AOL, dll, yang semakin mendatangkan laba besar.

Baca Juga :  10 Perusahaan Fast Food (Makanan Cepat Saji) Terbaik Paling Sukses di Dunia Tahun 2016

Selain sensasional, Talal juga sempat membuat keputusan yang kontroversial. Pasca serangan 11 September 2011, dia malah mendonasikan sekitar $10 juta ke Walikota New York. Dia juga tak segan-segan membangun universitas barat di kawasan timur tengah.

5. Mukesh Ambani (India) – $20,7 milyar

10 orang terkaya di benua asia, biografi orang terkaya di asia, cerita orang terkaya di asia, daftar artis selebritis terkaya di asia, daftar negara terkaya di benua asia, lelaki terkaya di asia, orang terkaya di asia 2017-2018, orang terkaya di asia tenggara tahun 2014-2017

Lelaki terkaya seantero India ini sempat mengejar gelar MBA di Standford, namun dia harus drop out untuk membantu bisnis sang ayah di bidang telekomunikasi. Waktu itu bisnisnya masih kecil. Namun berkat sentuhan tangan Mukesh, usaha yang mereka namai sebagai “Reliance Communications Limited” langsung berkembang pesat. Bahkan dia sendiri yang menjadi pemegang sahamnya.

Adapun perusahaannya bergerak di sektor gas dan petrokimia. Perusahaannya sendiri bahkan sudah masuk daftar “Fortune 500 Company”. Selain itu, Mukesh juga mengelola perusahaan ritel yang besar bernama “Reliance Retail Ltd.”. Tak heran kalau dia dan keluarganya tinggal di apartemen 14 lantai seharga lebih dari $1 milyar.

4. Lee Shau kee (Tiongkok) – $27,7 milyar

orang terkaya di asia pasifik, orang terkaya di asia tahun 2014-2017, orang terkaya di asia tahun 2015-2017-2018, orang terkaya di asia tenggara 2017-2018, orang terkaya di asia tenggara 2017-2018, orang terkaya di asia tenggara 2016-2020, orang terkaya di asia tenggara tahun 2014-2017

Anak bungsu dari empat bersaudara ini mengelola usaha di bidang real estate. Dia juga menjadi investor penting bagi beberapa hotel, restoran, serta jasa internet. Dia dijuluki sebagai “Warren Buffet” versi Hong Kong. Selain sama-sama super tajir, dia memang sama-sama aktif dalam filantropi.

3. Wang Jianlin (Tiongkok) – $30,6 milyar

orang terkaya di asia tenggara, orang terkaya di asia, orang terkaya di asia.com, orang terkaya di benua asia siapa club terkaya di asia, terkaya di asia tenggara, urutan negara terkaya di benua asia, wanita terkaya di asia

Lelaki kelahiran 1954 ini menghabiskan sekitar 17 tahun sebagai tentara. Dia kemudian mencoba bekerja sebagai administrator di Dalian. Pelan namun pasti, dia merintis perusahaan bioskop yang kini menjadi yang terbesar di Tiongkok, yakni Dalian Wanda Group. Kelihaiannya mampu membawa perkembangan super pesat. Perusahaannya pun mampu memiliki berbagai bioskop, hotel-hotel mewah, serta plaza belanja.

2. Li Ka-shing (Tiongkok) – $33,8 milyar

Baca Juga :  Merawat Benih Ikan Betutu

orang terkaya di asia.com, orang terkaya di benua asia, orang terkaya di indonesia sampai china versi globe asia, orang terkaya indonesia versi globe asia, orang terkaya se asia versi forbes, orang terkaya versi globe asia, rahasia bisnis orang asia terkaya di dunia, senarai orang terkaya asia, senarai orang terkaya di asia

Lelaki kelahiran 1928 ini masih mampu menjadi pimpinan perusahaan yang bergerak di bidang investasi dan properti sebesar CK Hutchison Holdings. Dulu ketika masih berusia 15 tahun, dia sudah bekerja di perusahaan perdagangan plastik. Dia kemudian meniti perusahaannya sendiri. Apalagi ketika ayah yang menjadi tulang punggung keluarganya wafat, Li Ka-shing semakin menambah jam kerjanya sendiri.

Sampai kemudian, dia mampu memproduksi plastik berkualitas dengan harga yang terjangkau. Hanya saja, dia tidak memperpanjang sewa bangunan dan sempat berhenti. Dia kemudian memutuskan berbisnis di sektor real estate serta sektor lainnya. Aneka investasi juga turut menyumbang kekayaannya. Namun dia memilih untuk tetap hidup sederhana dan menyumbang kekayaannya demi kepentingan pengembangan obat serta teknologi.

1. Jack Ma (Tiongkok) – $37,5 milyar

biografi orang terkaya di asia, daftar orang terkaya di benua asia, foto orang terkaya di asia, foto orang terkaya di asia tenggara, gambar orang terkaya di asia orang asia terkaya di dunia, orang asia terkaya di dunia

Siapa yang tak mengenal Jack Ma atau Ma Yun? Lelaki yang lahir pada tahun 1964 ini adalah founder Alibaba yang sudah menginspirasi banyak orang karena cerita inspiratifnya. Karena kerap ditolak untuk bekerja, pada tahun 1995, dia memutuskan pergi ke Amerika Serikat.

Di negeri tersebut, Jack Ma mulai mendalami dunia internet dan berasumsi kalau dia bisa mengail pendapatan dari dunia tersebut. Dia pun menciptakan website yang berbasis di Tiongkok bernama Alibaba. Usahanya membuahkan hasil yang sangat baik. Jack Ma akhirnya bisa menjadi sosok paling kaya dan paling banyak beramal harta. Dalam ajang Asian Awards saja, dia bahkan memenangkan kategori bergengsi “Entrepreneur of the Year”.

Deretan orang-orang kaya di atas mencuat karena keberanian mereka untuk mulai beraksi dan menghadapi segala risiko. Beberapa diantara mereka malah begitu memotivasi, sebab harta kekayaan yang dinikmati juga dibagikan pada pihak yang membutuhkan.Nah, siapa yang ingin menjadi orang kaya nan dermawan juga? Forbes Merilis Data Terbaru 10 Orang Terkaya di Benua Asia Saat Ini . #RD

Loading...
error: