5 Contoh Kerusakan Alam yang Memilukan Akibat Perilaku Manusia

Sebagai manusia selayaknya kita menjaga bumi yang menjadi sumber kehidupan kita. Coba lihatlah alam disekitar Anda, kini mulai terkikis oleh perkembangan teknologi. Kepulan asap yang menghalangi matahari serta rimbunnya pepohonan terganti dengan bangunan yang menjulang tinggi. Banyak pula kekeringan melanda karena kurangnya akar pohon yang menyerap dan menampung air.

Sejenak, apakah pernah Anda sadari? Bumi kian menua. Menangis karena ketidaksadaran kita dalam merawatnya. Beberapa fenomena alam ini akan menyentuh kalbu Anda.

1. Es di Kutub Mencair

contoh kerusakan alam yg disebabkan oleh manusia, contoh kerusakan alam yang disebabkan oleh ulah manusia, contoh kerusakan alam dan cara menanggulanginya

Tentu bumi memiliki porosnya baik kutub utara maupun kutub selatan. Di dua tempat itu memiliki suhu antara -40’C hingga -60’C. Kebayang bukan dinginnya? Di suasana yang sangat dingin itu, hanya terdapat hewan penguin dan beruang kutub. Tapi apakah Anda tau bahwa, karena perubahan lapisan atmosfer kini es kian mencair. Es kian berjatuhan dan merusak pola kehidupan hewan disana. Beruang kutub kian sulit menemukan pijakannya dan ikan mulai menipis stocknya. Ini semua terjadi karena ulah manusia yaitu efek rumah kaca hingga mempengaruhi tekanan udara di lapisan atmosfer.

Dimana hati kecil kita saat melihat beruang kutub itu kesusahan. Populasinya pun kian berkurang, jaga bumi kita agar mereka tidak punah.

2. Karang Tertumpuk Limbah

contoh kerusakan alam akibat perbuatan manusia, contoh kerusakan alam beserta gambarnya, contoh kerusakan alam di perairan, contoh kerusakan alam oleh manusia, contoh kerusakan alam di laut

Sejak dulu, Indonesia terkenal sebagai negara maritim. Laut Indonesia tersebar luas dengan kekayaan alamnya. Terutama Raja Ampat di Papua dan beberapa pantai di Bali memiliki keindahan yang sangat memukau. Tapi kini kebahagiaan itu kian terenggut. Lantaran banyak laut yang tak seindah dahulu. Karang dengan anemon laut dan ikan kecil warna-warni telah berganti dengan sampah limbah seperti karet dan besi. Sangat memilukan. Ekosistem laut terganggu. Banyak pula ikan yang bertransmigrasi sehingga kita sulit mengkonsumsi ikan.

Baca Juga :  5 Larangan Penting Bagi Anak yang Sering Diabaikan Orang Tua, Ironis!

3. Eksploitasi Ikan Berlebihan

Ikan terbukti kaya akan protein serta vitamin. Ikan pula dipercayai dapat meningkatkan kecerdasan. Hal inilah yang menjadikan ikan terus diburu oleh para nelayan agar menghasilkan uang, demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sayang, banyak orang jahat yang ingin meraup keuntungan lebih dengan cara singkat. Bukan jala dan pancingan lagi yang menjadi andalan, kini penggunaan bahan peledak maupun bahan kimia menjadi solusinya. Hal itu justru merusak terumbu karang. Banyak yang memanfaatkan pukat harimau. Terbukti, banyak ikan yang berhasil di tangkap dengan waktu cepat. Namun sayang, kini ikan dilaut kita kian menipis. Karena tidak lagi bisa bereproduksi menghasilkan keturunan, lantaran adanya eksploitasi secara besar-besaran.

4. Hutan Gundul

kerusakan alam yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor disebabkan karena, kerusakan alam bukan karena takdir melainkan perbuatan, kerusakan alam akibat manusia, kerusakan alam akibat ulah manusia kerusakan alam banyak disebabkan oleh, kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia

Dulu, banyak pepohonan rimbun di pedalaman. Namun, lihatlah kini. Semua rata, hanya akar yang tersisa. Pohon yang butuh waktu bertahun-tahun untuk tumbuh, habis dalam hitungan jam. Banyak pengusaha kayu melakukan penebangan secara massal. Baik untuk keperluan industri maupun pribadi. Semakin tua sebuah pohon, semakin tinggi harga jualanya. Itulah alasan mengapa hutan kita diburu oleh kalangan atas yang mengerti harga. Tidak perduli akan hewan yang kehilangan tempat tinggalnya.

5. Kebakaran Hutan

contoh kerusakan hutan akibat ulah manusia, contoh kerusakan lingkungan akibat peningkatan populasi manusia, contoh kerusakan lingkungan akibat aktivitas manusia, contoh kliping bencana alam beserta gambarnya

Selain dilakukan penebangan secara massal, upaya selanjutnya ialah kebakaran hutan. Banyak hal yang menjadi pemicunya. Mulai dari kekeringan jangka panjang, sinar matahari sangat menterik hingga perbuatan manusia. Banyak yang ingin mengubah lahan hijau demi kepentingan bisnis semata. Tanpa sadar, manusia memperkaya diri tanpa perduli hewan tersakiti. Hewan kian punah karena tak ada makanan dan tempat tinggal yang mencukupi. Selain itupula, banyak hewan yang berkeliaran di desa warga dan menghancurkan beberapa fasilitas yang ada. Maka dari itu, lindungi hutan kita! Jaga hutan kita, agar selamat jiwa dan raga.

Baca Juga :  Digunakan Untuk Apakah Cula Badak ?

6. Berselancar Bersama Sampah

kerusakan alam dan lingkungan, kerusakan alam dan penjelasannya, kerusakan alam dan solusinya, kerusakan alam di perairan, kerusakan alam di negara maju, kerusakan alam gambarnya dan penyebabnya

Berselancar di laut dengan gulungan ombak yang tinggi merupakan salah satu olahraga yang mengasikan. Selain menguji adrenalin, hal itu pula dapat memberi kesenangan pada diri Anda. Namun, apakah Anda tau? Banyak laut yang kian tercemar oleh sampah. Baik sampah industri maupun rumahan. Kini, kita tak lagi menemukan hamparan laut membiru. Banyak sampah yang mengapung di sekeliling Anda. Betapa mirisnya, saat alam Indonesia yang indah, kian sirna oleh kebutaan mata hati manusia.

Itulah sebagian kecil contoh fenomena kerusakan alam yang kian merajalela. Masih banyak kerusakan alam yang terjadi dan merugikan banyak makhluk hidup. Cintai diri Anda dengan menjaga bumi agar tetap indah.

Loading...
error: