Buah di Semak Belukar Ternyata Harganya Mahal

ngasih.com. Siapa yang pernah melihat buah yang satu ini? Jika Anda tinggal dipedesaan, Anda pasti pernah melihat buah yang diberinama Ciplukan atau Ceplukan. Meskipun setiap daerah memiliki namanya tersendiri seperti cecenet/cecendet, nyurnyuran, dan kopok-kopokan. Namun, masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Ciplukan.

Nama ilmiah dari Ciplukan ialah Physalis Peruviana. Buah ini pula berasal dari Amerika dan terdapat di daerah tropis dunia. Ciplukan merupakan buah yang tumbuh di semak belukar, ia tak perlu perawatan khusus lantaran dapat hidup dimana saja. Tapi, siapa sangka. Ternyata buah ini harganya selangit.

Buah yang tumbuh tertutup kelopak bunga ini pada umumnya berwarna hijau ataupun orange. Belum lama pula ditemukan fakta bahwa dijual di supermarket 12 butir ciplukan yang setara dengan 100 gram diberi harga 29.900. Jika di total, untuk harga 1 kilogram ciplukan Anda harus merogoh kocek sekitar 500.000 ribu rupiah. Bayangkan, jika Anda membeli 2 kilogram setara dengan 1 juta rupiah! Mahal juga ya buah yang satu ini.

Hal ini merupakan hal yang wajar, sebab buah kecil yang tumbuh di semak belukar ini memiliki ribuan manfaat yang wajib Anda ketahui. Sudah banyak pula negara dan beberapa institut pendidikan seperti universitas, yang telah mengidentifikasi dan menelaah kandungan yang terdapat dalam buah Ciplukan.

Baca Juga :  (Paddy Field Photo) - Gambar Pemandangan Sawah

1. Manfaat Buah Ciplukan

Meskipun buah ini terbilang cukup mahal, ia sangat bermanfaat. Sudah dibuktikan oleh penelitian dari beberapa negara, yakni:

2. Indonesia

Di negara kita sendiri, ternyata buah ciplukan telah di analisa oleh beberapa perguruan tinggi, salah satunya ialah Universitas Brawijaya & Universitas Gadjah Mada. Menurut hasil penelitian ditemukan fakta bahwa ciplukan mengandung senyawa aktif saponin, polifenol, fisalin, karbohidrat, lipid, vitamin dan flavonoid.

Hal ini membuktikan bahwa buah ciplukan kaya akan antioksidan. Selain itu pula, telah terbukti bahwa buah ciplukan dapat mencegah terjadinya Diabetes, menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus Aureus, serta menjadi zat yang bersifat antitumor.

Hal ini tentu menjadi cahaya bagi dunia kesehatan, sebab mengurangi angka mortalitas (kematian) serta dapat meningkatkan angka kesehatan di tengah masyarakat. Sebab, ciplukan juga dipercaya dapat menjadi obat alternatif maupun tradisional yang dapat dikonsumsi dan dipakai masyarakat umum.

Air rebusan daun ciplukan dipercayai dapat menyembuhkan peradangan pada kulit, asam urat dan rematik. Daunnya dimanfaatkan untuk obat demam, flu dan batuk, asma, ginjal, dan masalah di kandung kemih. Serta buahnya dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol, meredakan tremor (gemetar) pada penderita parkinson, serta penyakit kuning.

Baca Juga :  KUNCI SUKSES MERAWAT JAMBU BANGKOK

3. Lembah Amazon

Dipedalaman Amazon, buah ciplukan ini pula hidup dan berkembang. Tentu, masyarakat setempat tidak menyia-nyiakan buah ini begitu saja. Di sana, buah ciplukan dipergunakan untuk berbagai pengobatan seperti obat penenang, anti-rematik, pembersih luka dan darah serta meredakan sakit telinga. Namun pada umumnya mereka mengkonsumsi buah ini dengan cara jus karena dirasa lebih efisien.

4. Peru

Ternyata di negara Peru pula tersedia buah ciplukan ini. Namun mereka lebih gemar tumbuh di daerah pedesaan. Penduduk pedesaan Peru lebih terfokus untuk memanfaatkan daunnya dibanding bagian lain dari tanaman obat ini. Mereka cenderung menggunakan daun ciplukan untuk mengobati penyakit seperti penyakit hati (hepatitis) serta malaria. Sayang, pemanfaatannya kurang maksimal. Sebab, buah ciplukanpun sangat menunjang kesehatan.

5. Afrika Barat

Di Afrika Barat sendiri, masyarakat sebatas mengetahui bahwa buah ciplukan dipercayai dapat menjadi obat kanker. Namun sebenarnya buah ini memiliki jutaan manfaat. Sayangkan kalau dibiarkan begitu saja. Sehat itu mahal, maka jaga kesehatan Anda.

Baca Juga :  Tidak Hanya Unik,  Ternyata Undur-undur Punya 5 Manfaat bagi Kesehatan!

6. Taiwan

Taiwan, negara yang satu inipun termasuk salah satu negara yang memanfaatkan buah ciplukan. Lantaran di Taiwan, ciplukan digunakan sebagai obat diabetes, hepatitis, stroke, asma dan malaria. Nampaknya, dimanapun buah ciplukan tumbuh dan berkembang akan membawa efek positif pada mereka yang mengetahui khasiatnya.

Sekarang, tunggu apalagi? Yuk sama-sama tanam buah ciplukan dirumah. Selain bermanfaat juga memiliki harga jual yang tingg, loh. Siapa tau Anda bisa menjadi wirausahawan sukses dari buah yang kaya akan khasiat ini.

Selain meraup keuntungan yang berlimpah, Anda juga akan mendapat kebaikan karena membantu orang yang membutuhkan pertolongan. Ingat, buah ini mudah dirawat, loh. Tidak ada cara khusus. Kini banyak pula pedagang online yang menjajakan bibit tanaman ciplukan. Dengan tanam sendiri di rumah, Anda akan memetik manfaatnya. Yuk hidup sehat dengan konsumsi buah ciplukan! Harga Buah Ciplukan Terbaru – #ARD

Loading...
error: