Pecinta Kuliner Wajib Tahu, Ini Perbedaan Ketoprak, Karedok, Lotek, Gado-Gado, dan Pecel!

ngasih.com. Sebagian dari kekayaan budaya Indonesia, tercermin pada ragam makanan yang siap memanjakan lidah. Salah satunya, bumbu kacang tanah yang disiramkan pada campuran sayur-mayur. Sajian autentik ini, kerap disebut-sebut sebagai salad ala nusantara.

Lantas, apa yang kamu bayangkan saat membahas tentang salad sayuran bersaus kacang?

Hmm … ketoprak, karedok, lotek, gado-gado, atau pecel?

Bahan dasar dari kelima makanan ini memang mirip, ya. Pecinta kuliner pun sering kali dibuat bingung. Tapi, meski tampak serupa, mereka memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Penasaran apa perbedaannya?
Simak penjelasan tentang ketoprak, karedok, lotek, gado-gado, dan pecel, berikut ini:

1. Ketoprak

perbedaan karedok rujak ketoprak gado gado, perbedaan karedok dengan terancam, beda karedok dan gado gado, perbedaan gado gado dengan karedok, perbedaan karedok dan trancam adalah pada, beda karedok dan pecel

Kamu bisa menemukan banyak penjual ketoprak di wilayah ibukota, Jakarta. Benar saja, kudapan ini merupakan penganan asli Betawi. Bahan dasar ketoprak terdiri dari ketupat, tahu, taoge, dan bihun.

Sebagai pelengkap yang menambah cita rasa, disiramkan saus kacang yang telah diulek bersama bawang dan bumbu lainnya. Plus, ditaburi bawang goreng dan emping agar makin sempurna.

2. Karedok

perbedaan karedok, perbedaan karedok dan gado gado, perbedaan karedok dan trancam, perbedaan karedok dengan pecel, perbedaan karedok dan pecel, perbedaan karedok dengan gado gado, perbedaan karedok dengan lotek, perbedaan karedok dan urap, perbedaan karedok dan ketoprak

Makanan ini lebih banyak disajikan di daerah Jawa Barat. Karedok merupakan makanan khas Sunda berupa potongan sayur-mayur segar yang disajikan mentah.

Campuran sayur ini terdiri dari kacang panjang, mentimun, taoge, kol, daun kemangi, dan terong bulat hijau, yang disiram ulekan bumbu kacang plus ditambah kerupuk.

3. Lotek

perbedaan karedok dengan lotek, perbedaan karedok dan lotek, perbedaan gado-gado dan lotek, perbedaan gado gado dengan lotek, perbedaan gado gado lotek dan pecel, perbedaan lotek sama gado gado

Bahan dasar lotek mirip dengan karedok, namun menggunakan sayur-sayuran yang telah direbus. Komposisi sayuran dalam lotek, terdiri dari kacang panjang, mentimun, taoge, kol, dan bayam. Ada pula yang menambahkan labu siam dan kangkung.

Bumbu kacang yang digunakan biasanya dicampur kencur dan sedikit umbi rebus agar lebih kental, serta diberi perasan jeruk purut. Lotek biasa disantap dengan lontong, ketupat, atau nasi, dan kerupuk sebagai pelengkap sajian.

Baca Juga :  12 Bangunan Terkenal di Eropa

4. Gado-Gado

perbedaan gado-gado dan ketoprak, perbedaan gado gado sama ketoprak, perbedaan gado gado ketoprak, perbedaan bumbu gado gado dan ketoprak, perbedaan gado-gado dengan ketoprak

Gado-gado berasal dari wilayah Jawa. Dalam campuran sayuran rebus yang disajikan, terdapat kacang panjang, wortel, mentimun, selada, dan kentang.

Potongan tahu dan tempe juga pada umumnya ditambahkan, sebelum akhirnya disiram dengan bumbu kacang. Telur rebus dan kerupuk juga hadir sebagai pelengkap yang menambah kelezatan.

5. Pecel

perbedaan pecel, perbedaan pecel dan gado gado, perbedaan pecel dan karedok, perbedaan pecel madiun dan ponorogo, perbedaan pecel dan ketoprak, perbedaan pecel gado gado dan lotek, perbedaan pecel madiun dan pecel blitar

Makanan ini komposisinya beragam tergantung dari wilayah masing-masing. Meski sama-sama di Jawa Timur, antara pecel Madiun dan pecel Blitar saja bisa berbeda. Belum lagi pecel dari daerah lain.

Namun, pada umumnya sayuran rebus yang disajikan dalam pecel, antara lain kacang panjang, taoge, kangkung, kemangi, daun turi, dan krai. Bumbu kacang yang digunakan biasanya dicampur dengan daun jeruk, hingga mengeluarkan aroma khas yang sedap.

Pecel, paling cocok disajikan dengan rempeyek kacang atau teri. Wah, dari bahan dasar yang hampir serupa saja, sudah bisa jadi lima jenis makanan khas Indonesia yang menggugah selera. Kamu mau coba yang mana dulu, nih? Agar tidak salah beli, para pecinta kuliner nusantara wajib khatam penjelasan di atas ya! Apa Perbedaan Ketoprak, Karedok, Lotek, Gado-Gado, dan Pecel? #NSP

error: