Belum Usai Euforia 4G, Teknologi 5G Hadir Lebih Cepat dari Perkiraan

Buat kamu para web developer, vlogger, dan seluruh profesional dalam jaringan, keberadaan 4G menjadi angin segar yang menyajikan berbagai peluang.

Namun, belum juga hype 4G LTE yang merajai perangkat mobile usai, teknologi jaringan ini akan segera tergantikan. Pasalnya, generasi kelima atau 5G, telah berhasil dikembangkan lebih cepat dari perkiraan. Peluncuran dan komersialisasi yang dijadwalkan tahun 2020, bisa jadi akan maju di tahun 2019.

Bahkan, untuk menyambut teknologi jaringan termutakhir ini, XL Axiata telah melakukan demonstrasi dan uji coba kehadiran 5G pada tahun 2017 lalu. Inisiatif tersebut diklaim XL Axiata sebagai uji coba pertama di Indonesia yang dihelat oleh operator telekomunikasi.

Pihak XL Axiata yang diwakili Yessie D. Yosetya, sebagai Chief Service Management, menyatakan bahwa mereka akan segera melakukan berbagai penyesuaian terhadap teknologi jaringan 5G. Teknologi infrastruktur pun dipersiapkan, mulai dari radio, spektrum, transmisi, dan berbagai komponen pendukung lainnya.

jaringan 5G, jaringan 5g lte, jaringan 5g telkomsel, jaringan 5g di indonesia, jaringan 5g xl, jaringan 5g korea, jaringan 5g hp, jaringan 5g korea selatan, jaringan 5ghz, jaringan 5g adalah

Perkembangan 5G yang pesat ini, tak pelak dari kemajuan para pelaku bisnis di dunia teknologi jaringan. Sebut saja, Qualcomm. Mereka telah merilis standar global 5G berupa spesifikasi 5G New Radio (NR). Standardisasi 5G ini dipersiapkan untuk uji coba berskala besar yang dijadwalkan pada tahun 2019, bersama Nokia, Ericsson, dan industri seluler lainnya.

Baca Juga :  Kamera DSLR Terbaik Tahun 2015

Pada Oktober 2017, Qualcomm juga telah berhasil mencapai koneksi data 5G dengan chipset modem 5G untuk perangkat mobile di Hong Kong. Chipset buatan Qualcomm mampu menghadirkan kecepatan gigabita, serta koneksi data pada pita frekuensi radio 28GHz mmWave.

Senior Director and Head of Government Affairs, SEA, Taiwan & Pacific, Qualcomm International, Inc, Julie G. Welch, menyatakan bahwa percepatan komersialisasi 5G NR secara global akan memenuhi segala ekspektasi terhadap teknologi jaringan generasi kelima ini. Termasuk pula, tingkat kapabilitas dan efisiensi dengan kecepatan laiknya jaringan fiber, latensi (keterlambatan transfer data setelah eksekusi) sangat rendah, user experience yang konsisten, dan biaya paket data yang lebih murah.

Basuki Yusuf Iskandar, selaku Kepala Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengatakan bahwa implementasi teknologi jaringan 5G merupakan suatu kepastian yang tidak bisa dihindari. Pemanfaatan teknologi jaringan 5G dapat mengubah gaya hidup masyarakat, baik konsumen maupun juga industri.

Sementara itu, untuk penerapan teknologi jaringan 5G di Indonesia, kita masih harus menunggu kesiapan regulasi dari pemerintah, penyesuaian teknologi, industri atau perekonomian, serta ekosistem yang mendukung secara teknis. Selain multiaspek tersebut, diperlukan pula riset mengenai dampak sosial kehadiran 5G.

Baca Juga :  10 Komputer Super Paling Mahal Di Dunia

Ya, setidaknya kita harus bersabar sedikit sembari dilakukan persiapan oleh pihak terkait.

Karena, tak bisa kita pungkiri bahwa teknologi memiliki dua sisi yang berlawanan. Terlebih, di zaman big data seperti sekarang. Kita sebagai pengguna sudah harus cerdas dan mencerdaskan diri untuk mampu mengendalikan teknologi, dan bukan malah sebaliknya, diperdaya oleh teknologi.

Well, selamat datang 5G!

Berita Jaringan 5G – #NSP

Loading...
error: