Ketahui, 5 Fakta Teknologi Jaringan 5G yang Bakal Bikin Kamu Takjub!

ngasih.com. Apakah kamu sudah merasa puas dengan teknologi jaringan 4G LTE? Kalau belum, sabar sebentar, ya. Ada kabar gembira untuk kita semua! Dalam waktu dekat, akan hadir generasi penerus kelima atau 5G yang siap mendobrak pasar.

Ya, kehadiran teknologi jaringan 5G yang secepat ini memang di luar perkiraan. Akselerasi pengembangan 5G jadi kejutan bagi banyak pihak, terutama konsumen yang aktif berkelana dalam jaringan. Para pelaku industri teknologi, operator telekomunikasi, dan lembaga pemerintahan, kini sibuk dan bergegas menyiapkan berbagai aspek pendukung.

Sementara kita, hanya bisa menunggu dengan penasaran. Apa yang menarik dari teknologi termutakhir besutan Qualcomm ini? Sejauh apa perbedaan teknologi jaringan 4G LTE dengan 5G?

Berikut ini 5 fakta penting dan menarik tentang teknologi jaringan 5G yang bakal bikin kamu takjub:

jaringan 5G, jaringan 5g lte, jaringan 5g telkomsel, jaringan 5g di indonesia, jaringan 5g xl, jaringan 5g korea, jaringan 5g hp, jaringan 5g korea selatan, jaringan 5g di dunia, jaringan 5g terbaru, jaringan 5g kapan keluar, jaringan 5g masuk indonesia, jaringan 5g di jepang

1. Rilis secara global pada tahun 2020

Meski telah melalui tahap uji coba di berbagai negara dan industri, teknologi jaringan 5G masih butuh waktu untuk rilis secara global. Diperlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut sebelum generasi kelima ini benar-benar hadir sebagai penopang konektivitas dunia.

Berdasarkan jadwal yang disepakati bersama, 5G akan diluncurkan secara komersial pada tahun 2020 dan hadir di Indonesia tahun 2021. Namun, beberapa sumber menyebutkan, jadwal tersebut bisa lebih cepat, tergantung kesiapan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat sebagai pengguna.

Tapi, mengingat jaringan 4G saja belum merata di wilayah Indonesia, bagaimana dengan  5G? Tentu akan menjadi pekerjaan rumah dan megaproyek bagi setiap provider.

2. Harga relatif lebih mahal dibandingkan 4G

Menurut Huawei dan Nokia, diperkirakan 5G akan relatif lebih mahal dibandingkan 4G LTE. Kondisi ini wajar, kok! Pada masa-masa awal implementasi 5G di industri  telekomunikasi, tentu akan memerlukan penyesuaian infrastruktur, sistem, dan ekosistem yang memakan biaya mahal. Tapi, kamu tenang saja. Dengan efisiensi yang disajikan 5G, harga tersebut akan menyesuaikan dan menjadi lebih murah seiring waktu.

Baca Juga :  9 Smartphone Murah Terbaik Di Bawah 1,5 Juta

3. Menghadirkan koneksi super cepat

jaringan 5g 2018, jaringan 5g sudah ada di indonesia, jaringan 5g di korea selatan, jaringan 5g siap meluncur tahun ini, jaringan 5ghz, jaringan 5g adalah, jaringan 3 5g adalah, android jaringan 5g, adakah jaringan 5g, arsitektur jaringan 5g, artikel jaringan 5g, arti jaringan 5g, jaringan baru 5g, berita jaringan 5g

Teknologi jaringan 5G akan menghadirkan kecepatan koneksi super yang didambakan oleh generasi milenial. Bukan hanya 10 atau 50 kali lipat, melainkan 200 kali lipat lebih cepat! Wah, itu artinya akan tercapai kecepatan 1Gbps. Kira-kira, kamu bisa download film HD dalam waktu kurang dari 10 detik! Para vlogger dan gamer pasti bahagia banget.

4. Dapat digunakan oleh berbagai device

Lebih dari sekadar jaringan internet super cepat, teknologi 5G bisa terintegrasi pada berbagai perangkat dalam jumlah besar. PC, televisi, radio, drone, mesin-mesin industri, dan bahkan, kendaraan! Ada saatnya, kita akan melihat bagaimana angkutan publik dapat bergerak sendiri dengan kendali jarak jauh.

Perubahan gaya hidup masyarakat dan industri yang disebabkan oleh kehadiran 5G, tak dapat dihindari. Kecanggihan tersebut yang lantas, membuat lembaga pemerintah wajib untuk segera menyelesaikan regulasi yang tepat sasaran. Selain itu, diperlukan pula analisis dampak dari kemajuan teknologi yang cukup signifikan terhadap tatanan sosial ini.

5. Bandwith lebih besar

Masalah koneksi yang terputus akibat bandwith yang terbatas akan selesai pada era 5G. Dengan kapasitas yang jauh lebih besar, jaringan 5G dapat digunakan oleh banyak perangkat dalam satu waktu. Keunggulan ini akan sangat menguntungkan bagi industri dalam mengendalikan proses produksi dan bisnis secara real time.

Hmm … jika kita cermati, teknologi jaringan 5G memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Belum lagi, otomatisasi akan merajalela. Sebagai masyarakat yang pasti terkena dampaknya, apakah kamu siap menyambut kedatangan 5G? Artikel Berita Jaringan 5G – #NSP

error: