10 Sarang Hewan dengan Bentuk Paling Unik “Menakjubkan”

ngasih.com. Naluri yang dimiliki oleh hewan untuk menyerap ilmu-ilmu semesta, merupakan wujud anugerah yang amat menakjubkan. Sang Pencipta memberi ilham pada setiap makhluk hidup untuk menjalani takdir dan menjaga keseimbangan alam dengan sebaik-baiknya. Setiap komponen alam semesta mendapat bekal masing-masing sesuai peran dan fungsinya di muka bumi.

Tidak ada sedikitpun yang salah perkiraan atau salah perhitungan. Segalanya telah sesuai takaran dan presisi, berdasarkan perhitungan matematika kosmis, yang saat ini hanya bisa manusia pahami melalui bilangan Fibonacci. Semua sempurna, dalam persepsi yang berbeda-beda.

Sebagian dari keindahan jagat raya ini, bisa kita amati pada dunia fauna. Mereka memiliki insting yang mumpuni untuk bisa membuat segala sesuatu menjadi unik dan menarik.

Salah satunya, saat hewan-hewan membuat sarang yang nyaman untuk mereka tinggali. Tanpa ilmu artsitektur, teknik sipil, atau perencanaan bangunan, mereka bisa membentuk sarang yang kokoh dari bahan-bahan alam. Lebih dari itu, ada sarang hewan yang terbentuk secara alamiah, namun bisa membuat manusia tercengang dan takjub pada pesonanya.

Tidak percaya? Perhatikan gambar-gambar sarang hewan berikut ini:

1. Pada tahun 2010 lalu, terlihat suatu pemandangan menarik di Pakistan. Di sana, terdapat puluhan pohon yang diselimuti oleh sarang oleh laba-laba. Dari jauh, jaring-jaring halus tersebut tampak seperti kabut yang terperangkap di antara dedaunan.

sarang hewan terbesar, sarang hewan terindah, sarang hewan berkaki delapan, sarang hewan terunik

2. Sarang manyar yang bergerombol dan berlubang-lubang ini bisa membuat bergidik orang-orang trypophobia. Meski tampak halus seperti sarang laba-laba, sarang burung manyar pada umumnya terbuat dari ranting dan jerami kering yang dianyam secara manual menggunakan paruh.

sarang hewan yang menakjubkan, sarang hewan menakjubkan

3. Bentuk unik sarang tawon ini terlihat seperti sculpture manusia setengah badan. Meski agak creepy, tapi tetap menakjubkan.

sarang hewan unik, sarang hewan yang unik

4. Sebentuk sarang yang kokoh ini merupakan sarang rayap. Di Merauke, Papua, sarang rayap semacam ini disebut musamus. Di ujung Indonesia sana, kamu bisa lihat banyak musamus berjajar, hingga menciptakan pemandangan eksotis yang memesona.

sarang hewan terbesar di dunia, hewan membuat sarang dengan air liurnya

5. Bagaikan circle crop yang presisi, pola ini ternyata dibentuk oleh ikan buntal jantan di kedalaman lautan. Cool!

sarang hewan unik, sarang hewan yang unik

6. Sekilas, terlihat seperti pohon. Namun, jika diperhatikan dengan saksama, ini merupakan tiang listrik yang diselimuti sarang burung manyar dari gumpalan jerami.

sarang hewan terunik paling aneh terbesar di dunia

7. Gundukan tanah ini terlihat seperti Fujiyama mini di tengah hutan. Namun, ini bukan buatan manusia, bukan pula sisa tanah bangunan. Gundukan ini merupakan sarang besar milik semut kayu merah.

sarang hewan semut terbesar

8. Selain coklat atau krem, sarang tawon juga bisa jadi warna pelangi. Wah, tawon kekinian, nih! Anti-mainstream.

hewan arsitektur, hewan arsitek, sarang tawon dibelah isinya diluar dugaan, sarang tawon dibelah isinya sarang tawon dibelah ternyata isinya, foto sarang tawon, foto sarang tawon terbesar, foto sarang tawon terbesar di dunia

9. Tampak seperti pouch bermotif batu-batuan. Ternyata, ini merupakan wujud dari kepompong lalat kadis.

sarang hewan terindah, sarang hewan berkaki delapan

10. Tanpa bantuan manusia, salah satu jenis burung manyar, yaitu burung Baya Weaver berhasil “menenun” jerami menjadi sarang gantung yang unik. Model sarang burung ini menjadi prototipe instalasi sarang gantung di Dusun Bambu, Lembang, Bandung – Indonesia.

sarang burung paling unik, sarang burung terunik, sarang burung yg unik, foto sarang burung unik, gambar sarang burung unik, bentuk sarang burung unik, sarang burung unik, burung unik yang membuat sarang dari paku, sarang burung yang unik

Kepiawaian hewan-hewan dalam merajut sarang, tidak lekang dari kerja keras mereka meski dalam kondisi pikiran dan fasilitas yang terbatas. Kita, sebagai manusia yang diberi anugrah berupa akal dan daya dukung alam, harus semakin peka dan banyak belajar, agar bisa membuat kreativitas ramah lingkungan semacam ini. Think out of the box! 10 Sarang Hewan dengan Bentuk Paling Aneh dan Mencengangkan. – #NSP

error: