Kecanggihan 4 Drone Buatan Indonesia Ini Bisa Bikin Kamu Bangga

ngasih.com. Kerusuhan, tawuran, saling caci, dan berbagai hal negatif kadang membuat kita merasa pesimis terhadap kondisi masa depan Indonesia. Namun, kamu harus ingat sebuah pepatah lama yang cukup klise. Jika kita terus membelakangi cahaya, maka kita hanya bisa melihat bayangan kelam.

Artinya, kita tidak boleh melupakan hal-hal positif yang bisa membuat pikiran lebih optimis. Karena, perasaan berkaitan erat dengan pikiran dan tingkah laku. Perasaan yang bahagia, pikiran yang positif, akan berimplikasi pada tingkah laku yang baik. Dan, bangsa yang baik tentu harus dibentuk oleh pribadi-pribadi yang baik pula.

Untuk itu, kita perlu mengingat bahwa banyak karya anak bangsa Indonesia yang diakui pula oleh dunia. Salah satunya, dalam bidang teknologi, khususnya drone. Inovasi pesawat tanpa awak yang multifungsi ini, tengah mendapat perhatian dari para engineer di berbagai negara.

Di Indonesia, riset dan pengembangan drone sedang dalam progress yang cukup signifikan. Bukan hanya digunakan dalam ranah pertahanan atau militer, drone juga dimanfaatkan pada bidang lain yang lebih inovatif, seperti pemetaan fisik, penginderaan 3D, hingga pengambilan sampel gas dari gunung berapi.

Baca Juga :  10 Brand atau Merek Komputer Terbaik dan Paling Populer di Dunia

Penasaran seperti apa wujudnya? Berikut ini 4 drone canggih buatan anak bangsa yang bisa bikin kamu bangga:

1. Aeroterrascan AI 450

drone buatan indonesia drone buatan indonesia 2017 drone buatan indonesia 2015 drone buatan indonesia terbaru drone buatan indonesia 2016 drones buatan indonesia drone indonesia buatan israel drone canggih buatan indonesia harga drone buatan indonesia

Drone AI 450 merupakan pesawat tanpa awak yang didesain dan dikembangkan oleh Aeroterrascan, startup teknologi asal Bandung. AI 450 memiliki kemampuan terbang selama 90 menit dengan maksimal jarak 60 km. Wujud yang mirip dengn pesawat siluman Amerika Serikat, membuat AI 450 bisa diandalkan untuk melakukan pemetaan lahan, sekaligus perhitungan jumlah pohon.

Misi pertama, yaitu menggali informasi material vulkanik Gunung Agung, Bali, sukses tanpa hambatan. Dalam misi tersebut, Drone seharga Rp 300 juta ini dilengkapi sebuah kamera thermal dengan sensor uncooled voxmicrobolometer yang dapat mendeteksi dan mengambil sampel gas yang keluar dari kawah.

2. Lapan Surveillance Aircraft (PK-LSA01)

drone produksi indonesia, drone pesanan indonesia, drone review indonesia, super drone indonesia, drone indonesia tni, drone indonesia tercanggih, drone indonesia terkini, drone tempur indonesia, drone terbaik indonesia, drone to indonesia, pesawat drone indonesia terbaru, pesawat drone tercanggih indonesia, drone indonesia video

Atas kerja sama Universitas Berlin, Lapan berhasil mengembangkan pesawat pengawas yang diberi nama Lapan Surveillance Aircraft (PK-LSA01). Kapasitasnya tidak main-main. PK-LSA01 memiliki kemampuan terbang non-stop selama 6-8 jam, jarak tempuh 1.300 kilometer, ketinggian mencapai 5000 meter, dan juga sanggup menanggung beban hingga 160 kg.  Dalam jangka panjang, pesawat ini akan diandalkan untuk mengawasi produksi pertanian, deteksi kebakaran, pemetaan banjir, pemetaan tata kota, serta validasi dan verifikasi citra satelit. Fungsi pemetaan wilayah ini akan berperan dalam menjaga kedaulatan dan batas-batas negara.

Baca Juga :  10 Aplikasi Kalkulator Terbaik

3. Wulung

drone indonesia terbaru 2017-2018-2019-2020, drone indonesia, drone buatan anak indonesia, drone canggih buatan indonesia, drone ciptaan indonesia, drone karya indonesia, kapal drone indonesia, drone produk indonesia, drone maritim indonesia, pesawat drone milik indonesia, drone indonesia.com, drone adventure indonesia

Teknologi besutan PT. Dirgantara Indonesia ini berupa drone atau pesawat tanpa awak yang digunakan di bidang pertahanan, untuk mendukung kekuatan militer Indonesia. Wulung berbentuk seperti pesawat capung dengan panjang mencapai 4,42 meter dan lebar 1,48 meter. Dengan rentang sayap mencapai 6,34 meter, Wulung pun bisa mengudara selama 2-3 jam nonstop dengan kecepatan 111,12 km/jam. Dengan spesifikasi setinggi itu, Wulung digunakan dalam tugas-tugas militer, seperti misi pengawasan, survei dan intelejen.

4. MALE (Medium Altitude Long Endurance)

drone buatan indonesia, drone buatan indonesia 2017, drone buatan indonesia 2015, drone buatan indonesia terbaru, drone buatan indonesia 2016, drones buatan indonesia, drone indonesia buatan israel, drone canggih buatan indonesia, harga drone buatan indonesia

Seperti Wulung, drone yang diberi nama MALE (Medium Altitude Long Endurance), juga berperan dalam aktivitas militer dan pertahanan. Namun, lebih dari sekadar misi pengintaian, pesawat tanpa awak ini juga dikembangkan untuk keperluan tempur. MALE, yang akan diujicobakan tahun 2018 ini,  bisa meluncurkan roket untuk membumihanguskan suatu wilayah.

Drone besutan PT Dirgantara Indonesia ini masih terus dikembangkan untuk mencapai kemampuan terbang selama 24 jam. Selain itu, jangkauan jarak drone ini juga akan diperlebar, agar mampu mengudara hingga pulau terluar Indonesia.

Baca Juga :  15 Media Sosial yang Terpopuler dan Paling Banyak Dipakai

Wah, kalau teknologi pesawat tanpa awak ini terus berkembang, Indonesia bisa menjadi salah satu bangsa yang disegani dunia. Dan … yang terpenting bisa berlepas dari ketergantungan teknologi pada negara lain, hingga menjadi bangsa yang benar-benar merdeka. Keren! 4 Drone Tercanggih Buatan Anak Indonesia – #NSP

Loading...
error: