10 Makanan Korea Selatan yang Paling Enak, Pecinta Drakor Wajib Coba!

ngasih.com. Wabah kepopuleran K-pop di Indonesia, baik dalam bentuk drakor hingga girl band, memberikan perubahan yang cukup signifikan dalam industri gaya hidup. Mulai dari musik, fashion, bahkan kuliner, diwarnai oleh kebudayaan khas Negeri Ginseng tersebut. Selera dan preferensi orang-orang, terutama pecinta drakor, akan condong pada kehidupan ala SNSD dan Song-Song couple.

Maka, mari kita bahas salah satunya, yang berkaitan dengan urusan lidah dan perut: kuliner. Bagi penggemar K-pop, santapan ala Korea, tentu menjadi menu yang wajib dicoba. Mulai dari yang paling khas, seperti kimchi dan kimbab, atau yang masih lekat dengan lidah Indonesia, yaitu ramyeon instan.

Tapi, sepertinya belum sah posisi kamu sebagai K-popers kalau cuma tahu tiga jenis makanan tersebut. Kamu diharuskan untuk tahu, makanan paling enak yang jadi favorit oppa dan eonnie? Apa saja? Berikut ini daftar hidangan terenak di seantero Korea Selatan:

1. Dak Galbi

makanan paling enak di korea selatan, makanan korea selatan yang enak

Makanan ini dimasak dan disajikan dengan hot plate. Dak galbi terdiri dari ubi, kubis, wortel, jamur, kentang manis, menggunakan saus gochujang. Biasanya, saus panas yang nikmat ini terbuat dari  pasta cabai merah, kecap, dan kunyit. Dak galbi original menggunakan daging ayam goreng. Namun, bisa juga divariasikan dengan seafood dan menu vegetarian. Apalagi, ditambah sentuhan keju mozarella. Terbayang kan, betapa maknyus-nya?

2. Mugeunji

makanan khas korea selatan yang enak, makanan enak korea selatan

Bisa dikatakan, mugeunji merupakan makanan enak yang paling autentik di Korea Selatan. Karena, bahan dasarnya “Korea banget”, yaitu kimchi. Mugeunji merupakan kimchi yang difermentasi hingga enam bulan atau lebih. Mugeunji yang paling populer di Korea Selatan, ialah sajian menu di restoran Hanokjib Kimchi-jjim di wilayah Soedaemun. Tidak tanggung-tanggung, Mugeunji di restoran kimchi ini telah mengalami fermentasi selama tiga tahun!

Baca Juga :  8 Kuliner Olahan Pisang Enak Paling Populer di Bandung Jawa Barat

3. Seonji Gukbap

makanan haram di korea selatan, tentang makanan korea selatan, 10 makanan korea selatan

Sesuai namanya, makanan Korea Selatan ini berupa nasi (bap) yang disajikan dalam sup panas (guk). Seonji gukbap biasa dikonsumsi oleh orang-orang yang pusing akibat efek mabuk berat. Makanan ini tidak halal bagi muslim, karena nasinya diberi darah sapi rebus yang dibumbui bawang putih cincang dan bubuk cabai. Tertarik mencoba?

4. Kalguksu

makanan korea selatan yang terkenal, makanan ala korea selatan

Meski menggunakan bahan yang sederhana, tapi sup dengan mi tebal ini enak banget untuk dikonsumsi, terutama di musim panas. Mi yang digunakan terbuat dari adonan tepung terigu dan telur. Sementara cita rasa kuahnya terdiri dari kaldu ayam, kerang-kerangan, rumput laut, dan biji-biji wijen. Yummy!

5. Jinju Bibimbap

makanan yang paling enak di korea selatan, makanan korea selatan yang paling enak

Bibimbap yang populer, berupa nasi putih yang ditambah berbagai lauk di atasnya. Biasanya, terdiri dari daging sapi, telur, sayuran, dan saus pedas. Sementara itu, Jinju bibimbap memiliki cita rasa yang sedikit berbeda karena menggunakan yukhoe, daging sapi cincang mentah yang dibumbui saus khusus yang sangat sedap.

6. Gomtang

makanan korea selatan yang mudah dibuat, makanan korea selatan

Disajikan dalam mangkuk batu panas, gomtang adalah sup tulang yang bisa berasal dari sapi, ayam, atau babi. Komposisi sup ini terdiri dari nasi, daging sapi sandung lamur atau dada bawah, telur yang diiris tipis, dan daun bawang. Gomtang cocok dikonsumsi selagi hangat dalam cuaca yang dingin.

7. Kkomjangeo

10 makanan khas korea selatan, 5 makanan khas korea selatan

Kamu tidak akan menemukan menu ini di restoran Korea yang ada di Indonesia. Karena, Kkomjangeo merupakan makanan khas dari Busan yang menggunakan hagfish atau ikan pemakan bangkai. Cara masaknya pun terbilang cukup ekstrem. Hagfish dipanggang hidup-hidup, hingga mengeras. Meski rasanya enak, tapi membayangkan penderitaan hagfish itu, kok jadi tidak tega makan, ya?

8. Mom-guk

makanan yang terkenal di korea selatan, makanan yang berasal dari korea selatan, makanan korea selatan yang paling enak, makanan khas korea selatan yang tidak halal, resep makanan korea selatan yang tidak halal, daftar makanan korea selatan yang tidak halal

Makanan khas Pulau Jeju ini merupakan sup yang dibuat dari rumput laut dan daging babi. Meski tampak sederhana, konon, mom-guk memiliki rasa yang khas. Untuk menjaga kehangatan, mom-guk disajikan dalam mangkuk batu panas.

Baca Juga :  8 Jenis Bakso Unik dan Lucu yang Hanya ada di Indonesia

9. Kongnamul Gukbap

makanan terlezat korea selatan, makanan terenak di korea selatan

Sajian sedap ini berupa nasi yang dihidangkan dalam sup panas. Kecambah, merupakan bahan dasar yang membentuk Kongnamul gukbap. Kuliner ini populer di wilayah Jeonju. Kongnamul gukbap akan semakin nikmat jika disantap dengan pelengkap, seperti kimchi dan gurita hasil fermentasi.

10. Nakji bokkeum

makanan terenak di korsel, makanan paling lezat di korsel, makanan terlezat korea selatan, makanan terenak di korea selatan

Melihat tampilannya yang menggugah selera, tak heran jika makanan ini masuk dalam daftar sajian terlezat di Korea Selatan. Nakji Bokkeum, merupakan sajian khas dengan bahan dasar gurita (nakji) yang diolah dengan bumbu khusus. Gurita goreng tersebut, disajikan bersama tumis sayur, dan dipoles lagi menggunakan saus pedas. Wah, membayangkannya saja, sudah terasa lapar.

Siap mencoba semuanya? Kira-kira, yang mana favoritmu? 10 Makanan Korea Selatan yang Paling Enak, Pecinta Drakor Wajib Coba!  – #NSP

Loading...
error: