4 Cara Memulai Bisnis Baru Bagi Pemula

ngasih.com. Selagi masih mudah membangun sebuah bisnis tidak ada salahnya. Ini bisa menjadi peluang kamu untuk meniti karir dalam dunia bisnis. Siapa tau 2 atau 5 tahun ke depan bisnismu sudah sangat sukses dan kamu akhrinya bisa membuka peluang lapangan kerja untuk lain.

Jangan takut gagal, karena para pembisnis sukses di luaran sana bisa sangat terkenal dan berkembang karena mereka telah menghabiskan jatah gagalnya. Berikut ini ada beberapa tips untuk kamu yang sedang ingin mengawali bisnis, tips ini diberikan oleh Moza Pramono yang merupakan pelatih IT dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi).

tips usaha baru, tips memulai bisnis baru, tips membuat bisnis baru, tips bisnis hp baru, tips bisnis baru, tips buka bisnis baru, cara memulai bisnis baru tips usaha offline, cara memulai bisnis baru dengan modal kecil, cara bisnis hp baru, cara bisnis handphone baru, cara bisnis motor baru, cara bisnis mobil baru, cara baru bisnis online, cara memulai bisnis baru sebagai wirausaha

1. Mencari tahu apa yang kamu sukai

Hal yang mendasar yang harus kamu ketahui sebelum memulai sebuah usaha adalah dengan mencari tahu, apa sih yang kamu sukai?

Misalnya saja, kamu senang jualan apa? Atau kamu senang membuat apa? Apakah mungkin kamu menyukai produksi tas, hijab atau justru kamu lebih menyukai saat membuat kue? Ini akan semakin membuka peluang sesuai dengan apa yang kamu minat.

Baca Juga :  Meningkatkan Produksi Tomat dengan Mulsa dan Turus

2. Cobalah menjadi reseller

Jika kamu memang senang berdagang namun tidak memiliki barang produksinya, kamu bisa loh menjadi reseller. Ini sangat berguna untuk meminimalisir risiko kerugian. Sekalian belajar mengenai kondisi pasar juga. Kalau sudah paham betul kamu juga bisa kok mulai memproduksi sesuatu sendiri.

3. Mencari pengetahuan tentang bisnis

Saat ini bisnis sudah bukan hanya sekedar menawarkan barang pada pembeli saja. Kamu harus bersaing dengan pedagang lain yang memang berkecimpung dalam bisnis yang sama.

Ditambah lagi dengan perkembangan dunia digital, membuat orang-orang lebih mudah mengakses bisnis lewat internet. Kamu bisa mencari pengetahuan bisnis di internet, dan mulai memanfaatkan bagaimana peluang bisnis di internet.

Kamu bisa melakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi) strategi bisnis orang lain, lama-lama kamu juga akan berkembang dengan sendirinya.

Misalnya saja, ada orang yang melakukan bisnis di instagram, kemudian kamu melihat bahwa bisnisnya sangat lancar sekali. Maka, cari tahu apa sih yang membuatnya bisa seperti itu? Apa karena foto yang di pajang atau karena caption dari fotonya? Pelajari saja semuanya, itu sangat bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga :  10 Perusahaan Fast Food (Makanan Cepat Saji) Terbaik Paling Sukses di Dunia Tahun 2016

4. Hindari penggabungan uang pribadi dan modal

Nah, masalah keuangan juga menjadi hal yang sangat penting dan perlu kamu pahami banget. Jangan pernah menggabungkan uang pribadi dengan modal usaha, tidak sedikit loh para pembisnis baru melakukan hal ini.

Ini sangat penting guna mengetahui pengeluaran serta pemasukan bisnismu secara professional. Dengan begitu jika binsismu semakin berkembang dan kamu ingin memperluas usaha bisnis kemudian butuh modal tambahan kamu bisa coba mengajukan ke Bank dengan bukti laporan keuangan bisnis yang stabil.

Itulah 4 tips sederhana saat akan memulai bisnis baru. Jangan pernah menyerah ya, habiskan saja kegagalanmu, suatu saat pasti kamu akan mendapatkan keberhasilan dalam bisnismu kok! -KN

Loading...
error: