12 Gambar Kekerasan dan Kekejaman Manusia Terhadap Hewan

ngasih.com. Manusia dikenal sebagai makhluk hidup yang paling sempurna, dengan akal dan perasaan yang mereka miliki. Sebagai makhluk yang paling sempurna tersebut, Tuhan memberi amanah yang cukup berat untuk umat manusia, yakni untuk menjaga keseimbangan alam dunia ini.

Namun, yang terjadi selama ini justru sebaliknya. Manusia justru mengambil keuntungan yang besar dari makhluk hidup yang lain tanpa melestarikan keberadaan mereka.

Foto adalah salah satu alat atau media yang sangat kuat untuk menyebarkan sebuah pesan positif ke seluruh dunia. Salah satu manfaat dari foto tersebut adalah untuk menyadarkan kita, bahwa manusia seringkali terlalu sibuk dengan kehiduapnnnya sendiri hingga sejumlah aksi kekejaman terhadap hewan sudah berada di tingkat yang sangat mengerikan.

Kumpulan karya fotografi yang tergabung dalam sebuah kampanye Photographers Agains Wildlife Crime ini berusaha menyuarakan pendapat tersebut.

Kita sudah sering mendengar headline berita berupa serangan hewan-hewan liar terhadap manusia. Tapi sebenarnya, manusia sendirilah yang berlaku jauh lebih kejam terhadap hewan-hewan tersebut.

Manusia merusak habitat asli mereka untuk membuat wilayah pemukiman atau infustri baru hingga menciptakan sebuah konsep hiburan yang memenjarakan hewan-hewan tertentu. Mari kita renungi perbuatan-perbuatan manusia terhadap hewan dengan foto-foto di bawah ini.

1. Hiu yang Tidak Berdaya

kekejaman manusia terhadap hewan

Hiu dikenal sebagai predator yang sangat berbahaya dan mematikan. Hewan ini berpotensi melukai manusia di laut dalam. Saking mengerikannya, film-film tentang ikan hiu ini pun banyak dibuat. Salah satu film tersebut adalah Jaws yang membuat kita semakin takut dengan hewan yang satu ini.

Namun, jika kamu melihat foto ini, pendapatmu akan sama sekali berbeda. Ikan hiu di Laut Cortez, Meksiko, justru tidak berdaya ketika harus ditangkap dengan jaring oleh orang-orang setempat. Tingginya permintaan pasar terhadap sup sirip ikan hiu mendorong orang-orang di sana untuk berlaku kejam terhadap ikan tersebut.

2. Trenggiling di dalam Truk

Tidak perlu jauh-jauh ke Meksiko, di Indonesia sendiri ada realita yang cukup menyedihkan. Fakta bahwa ditemukan truk kontainer berisi 4.000 ekor trenggiling adalah hal yang paling menyedihkan. Truk kontainer ini ditemukan di daerah Sumatera, sebab sisik trenggiling laku dijual untuk dijadikan obat tradisional.

Baca Juga :  Tahap Perkembangan Mental Anak Anjing

3. Orangutan dan Komoditas Hiburan

aksi kejam terhadap hewan

Di Chimelong International Circus, kamu bisa menyaksikan bagaimana orangutan yang seharusnya hidup bebas di alam justru dijadikan komoditas hiburan untuk menghibur manusia. Waktu yang dihabiskan oleh orangutan selama latihan pastilah sangat menyiksa bagi dirinya karena ia tidak bisa bermain sesuka hatinya.

4. Rubah Fennec yang Lucu terpisah dari Orang Tua

gambar rubah

Di sebuah pasar di Tunisia Selatan, pernah ditemukan rubah Fennec yang berusia masih sekitar tiga bulan. Ya, rubah yang lucu dan menggemaskan ini sudah dijual di sana.

5. Gajah yang Dihukum

kejam terhadap hewan, perlakuan kejam terhadap hewan, aksi kejam terhadap hewan, kejamnya manusia terhadap hewan, perlakuan kejam manusia terhadap hewan

Perlakuan kejam manusia terhadap hewan memang sulit untuk diadili. Hingga hari ini, buktinya masih ada saja bentuk-bentuk kejahatan terhadap hewan yang dilakukan oleh manusia demi kepentingannya sendiri. Namun, ketika seekor hewan melukai manusia yang mana majikannya sendiri, ia harus menerima hukuman yang menyedihkan.

6. Pembakaran Gading Gajah

pasal kekerasan terhadap hewan, video kekerasan terhadap hewan, kasus kekerasan terhadap hewan, foto kekerasan terhadap hewan, berita kekerasan terhadap hewan, pengertian kekerasan terhadap hewan, uu kekerasan hewan

Kenya melakukan pembakaran gading gajah terbesar yang pernah ada pada 30 April 2016. Total gading yang dibakar adalah seberat 105 ton di taman nasional Nairobi. Jika ada sebanyak itu gading yang bisa dimusnahkan, bayangkan ada berapa banyak gajah yang harus tewas untuk diambil bagian tubuhnya itu?

7. Bayi Gorilla Dijual di Pasar

kekerasan hewan, kekerasan hewan di facebook, kekerasan pada hewan

Sangat mengejutkan ketika pasar daging Kamerun kedatangan seekor bayi gorilla yang lemas tak berdaya. Bayi ini dijual di pasar daging tersebut dengan mudahnya. Melihat hal itu, seorang fotografer akhirnya memutuskan untuk membeli dan membawanya ke tempat perlindungan hewan.

8. Lemur yang Terancam Punah

undang undang kekerasan hewan, kekerasan manusia terhadap hewan, stop kekerasan pada hewan

Saat ini, hewan lemur pun termasuk hewan yang terancam punah di Kebun Binatang Whenzou, Zheijang, Tiongkok. Pihak pengelola kebun binatang mengatakan hanya tersisa sekitar 2.000 ekor lemur. Semuanya kini dirawat di kebun binatang itu untuk memulihkan keadaan mereka pasca perburuan besar-besaran.

Baca Juga :  Habitat Asli Ayam Hutan Hijau

9. Gudang Penuh Bagian Tubuh Binatang

kekerasan pada hewan di indonesia, video kekerasan hewan, kasus kekerasan hewan, undang undang kekerasan hewan, kekerasan manusia terhadap hewan, stop kekerasan pada hewan, video kekerasan pada hewan

US Fish and Wildlife Service beberapa waktu yang lalu telah menemukan 1,3 juta barang ini di sebuah gudang di Colorado. Jika ada 1,3 juta buah barang ini, bayangkan saja berapa banyak binatang yang harus menderita karenanya.

10. Bayi Badak yang Yatim Piatu

kasus kekerasan pada hewan, hentikan kekerasan pada hewan, kekerasan terhadap hewan

Seekor bayi badak menjadi yatim piatu setelah ibunya dibunuh oleh pemburu liar dan di ambil culanya di taman nasional Kruger. Beruntungnya, bayi badak ini kemudian diselamatkan dan dirawat oleh relawan dari Care for Wild Africa.

11. Elang Kehilangan Habitatnya

kejamnya manusia terhadap hewan, perlakuan kejam manusia terhadap hewan

Seekor elang Filipina tampak diberi makan di Philippine Eagle Center. Elang ini ada di sana karena mayoritas elang telah kehilangan habitatnya akibat penggundulan hutan oleh manusia.

12. Badak yang Ditembak dan Dipotong Culanya

kekerasan terhadap hewan, pasal kekerasan terhadap hewan, video kekerasan terhadap hewan, kasus kekerasan terhadap hewan, foto kekerasan terhadap hewan, berita kekerasan terhadap hewan, kekerasan manusia terhadap hewan, pengertian kekerasan terhadap hewan

Potret kekejaman manusia yang terakhir adalah ketika ada seekor badak di Taman Hluhluwe-Imfolozi, Afrika Selatan dibunuh dengan cara ditembak. Badak ini dibunuh menggunakan peluru berkaliber tinggi hanya untuk diambil culanya.

Setelah melihat foto-foto tersebut, apakah kamu kembali teringat dan sadar bahwa manusia bisa menjadi sangat kejam dan tidak bermoral?

Sekarang, sudah ada berbagai kampanye yang telah dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghentikan aksi perburuan liar dan tindak kejahatan terhadap satwa. Banyak sekali organisasi non-profit yang diisi oleh para relawan menaruh perhatian yang sangat besar terhadap kelangdungan hidup satwa liar.

Namun, itu saja pun sebenarnya tidak cukup. Untuk menjaga kehidupan satwa liar, kita membutuhkan kepedulian yang besar dari masyarakat sekitar. Bumi dan keanekaragaman makhluk hidup di dalamnya akan menjelma menjadi neraka jika kepada sesama makhluk hidup pun kita tidak peduli. 12 Gambar Kekerasan dan Kekejaman Manusia Terhadap Hewan -FN

Loading...
error: