7 Sayuran Favorit yang Kini Langka di Meja Makan, Tahu Rasanya?

ngasih.com. Ketahanan pangan bisa jadi sedang terancam. Ketika petani enggan menanam karena harga komoditas yang terbanting di pasar, ketika lahan tergusur oleh bangunan-bangunan, dan ketika makanan cepat saji lebih disukai konsumen ketimbang sayur mayur segar dan buah-buahan. Jika terus seperti ini, bagaimana kita bisa mempertahankan hajat hidup perdaban?

Sudah saatnya, kita semua mulai peduli pada apa yang menjadi asupan keluarga. Bukan hanya perkara rasa yang enak, melainkan juga proses yang dialami oleh bahan mentah tersebut hingga sampai di tangan konsumen. Dari penyemaian, hingga distribusi. Dari petani, hingga pedagang. Ada baiknya, jika semua orang memahami tentang apa yang disebut sebagai real food dan clean food.

Lantas, bagaimana cara memperkenalkan hasil alam terbaik kepada anak zaman now?

Salah satunya, dengan memberi informasi yang jelas mengenai fungsi makanan, memilih makanan yang tepat, dan memberi contoh makanan sehat sekaligus enak. Karena faktanya, sayuran yang dulu jadi favorit anak-anak zaman old, saat ini sudah semakin jarang terlihat dan absen dari meja makan keluarga Indonesia. Apa saja?

Berikut ini 7 sayuran favorit yang kini mulai langka di pasaran:

1. Jantung pisang

sayuran paling langka, jenis sayuran langka, gambar sayuran langka, sayuran langka di indonesia, sayuran paling langka di dunia, foto sayuran langka

Bagian dari pohon pisang yang berwarna merah keunguan ini, sekarang sulit sekali ditemukan. Biasanya, jantung pisang dipotong dan disingkirkan agar buah pisang dapat berkembang secara optimal. Sayangnya, belum banyak yang menyadari bahwa flavonoid, mineral, dan kandungan lainnya amat bermanfaat bagi kesehatan. Dan yang terpenting, hasil tumisannya enak sekali, lho.

2. Kecipir

gambar sayuran langka, sayuran paling langka di dunia, foto sayuran langka

Tanaman rambat ini bisa jadi sudah dilupakan, atau bahkan tak pernah diketahui oleh generasi milenial. Untuk bahan makanan, biasanya menggunakan polong muda dan pucuknya. Bagi para vegetarian, kecipir bisa menjadi pilihan tepat. Bahan makanan ini rendah kalori, tinggi asam folat, protein, dan kaya akan manfaat lainnya.

Baca Juga :  8 Nama Makanan Ini Ternyata Singkatan, Mau Tahu Kepanjangannya?

3. Umbut kelapa

sayuran yang jarang ditemui, sayuran yang jarang ditemukan, sayuran yang jarang di indonesia

Olahan kuliner dari umbut kelapa, merupakan salah satu warisan leluhur suku Dayak. Bahan makanan ini diambil dari inti pohon kelapa. Umbut kelapa disukai dalam kondisi mentah dengan dicocol sambal, maupun dimasak sebagai sayuran dan dicampur dengan daging.

4. Genjer

sayuran yang jarang dikonsumsi, sayuran yang jarang ditemui, sayuran yang jarang ditemukan, sayuran yang jarang di indonesia, jarang makan sayuran

Tanaman ini biasa dijumpai pada perairan dangkal atau rawa, bersandingan dengan eceng gondok. Meski sering dianggap sebelah mata sebagai makanan kelas bawah, tumis genjer cukup lezat dan mengandung banyak manfaat.

5. Bunga Pepaya

sayuran yang jarang dikonsumsi

Putih kecil seperti melati, bunga pepaya atau kembang kates juga menjadi sayuran favorit pada masanya. Meski cenderung pahit, rasa bunga pepaya bisa disiasati dengan daun jambu biji atau asam jawa.

6. Gambas

sayuran yang jarang ditemukan

Meski terbilang langka, sayuran ini masih sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Masih bersaudara dengan labu-labuan, gambas pun memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa.

7. Rebung

sayuran yang langka, sayuran yang langkah, jenis sayuran yang langka, sayuran langka, sayuran langkah

Penduduk Asia biasa memanfaatkan tunas bambu yang disebut rebung, sebagai bahan makanan. Rasanya yang khas dan khasiatnya yang berlimpah, membuat rebung masih digandrungi, namun telah mangkir untuk menjadi santapan sehari-hari.

Kamu sudah pernah coba? Bagaimana menurutmu? Dengan rasa yang lezat dan kaya manfaat, 7 sayuran di atas lebih layak jadi makanan favorit dibandingkan fast food, bukan?

Loading...
error: