11 Kawasan Hutan yang Paling Indah di Dunia, Indonesia Termasuk Salah Satunya

ngasih.com. Meski hutan bukan menjadi pilihan wisata paling favorit dari sekian banyak pilihan liburan, namun wisata ke hutan menawarkan pengalaman menarik tersendiri. Besarnya energi yang dibutuhkan ketika menghadapi medan yang sulit, persiapan yang matang juga sangat dibutuhkan ketika kita ingin menjelajahi kawasan hutan.

Walaupun demikian, wisata ke hutan bukanlah suatu pilihan yang buruk. Bahkan, kita dapat menjumpai beragam hal unik ketika menjadikan hutan sebagai pilihan liburan. Berikut ini kami akan berbagi informasi 11 wisata hutan terbaik dari seluruh dunia, dan ternyata salah satu hutan yang ada di Indonesia termasuk juga di dalamnya. Di masa saja kawasan wisata hutan terbaik itu? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Wisata Hutan Baden-Wurttemberg, Jerman

hutan paling terindah dunia

Hutan yang juga dikenal dengan nama Black Forest ini merupakan salah satu hutan paling menyeramkan di dunia. Tetapi, bila kita mengeksplor lebih jauh, ada banyak keindahan yang bisa kita temukan di hutan ini.

Dengan luas sekitar 7.500 km persegi, Hutan Baden-Wurttemberg merupakan perpaduan yang lengkap anara lanskap alam, air terjun, pedesaan, dan kastil.

2. Wisata Hutan Bambu Sagano, Jepang

hutan yang paling indah di dunia

Hutan bambu yang berlokasi di Kyoto, ini merupakan salah satu tempat wisata hutan yang populer di Jepang. Tempat ini memiliki tampilan yang sangat asri dan fotogenik. Meski begitu, wisatawan dapat masuk ke kawasan wisata hutan tanpa perlu membayar tiket.

Kawasan Hutan Bambu Sagono tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keasrian dan keindahannya saja, tapi juga terdapat kuil yang ramai dikunjungi oleh para penduduk yang hendak beribadah.

Baca Juga :  9 Jenis Bunga Paling Bau Di Dunia

Anda juga dapat berbelanja aneka souvenir yang unik di sejumlah toko yang ada di sekitar hutan. Harganya pun relatif terjangkau dengan banderol mulai dari Rp 12.000-36.000.

3. Taman Nasional Tijuca, Brazil

gambar hutan indah di dunia

Dengan luas area 3.200 hektar, Taman Nasional Tijuca merupakan kawasan hutan yang berada di bawah landmark Patung Kristus Penebus, di Rio Janeiro.

Dulunya, hutan ini merupakan kawasan industrial dan menjadi taman nasional pertama di dunia yang dijadikan proyek reboisasi dalam skala besar.

Daya tarik dari Taman Nasional Tijuca selain keragaman flora dan fauna, juga terdapat sejumlah air terjun yang indah di tempat ini, seperti Cascata Diamantina, Cascata Gabriela, dan Cascatinha de Taunay.

4. Hutan Monteverde, Costa Rica

kumpulan gambar hutan indah di dunia

Hutan Monteverde di Costa Rica merupakan salah satu habitat paling langka di bumi. Hutan yang memiliki luas area 26.000 hektar ini menyimpan ribuan spesies hewan dan tumbuhan langka. Beberapa juga merupakan hewan endemik Costa Rica, seperti monyet, katak pohon, dan hering raja.

Beragam fasilitas wisata alam juga telah dibangun di kawasan hutan Monteverde, mulai dari arena outbond, hotel, toko makanan dan souvenir, restoran, halte bus, dan masih banyak lagi.

Pengunjung yang ingin masuk ke area wisata alam akan dikenai harga tiket masuk sebesar USD 14 atau setara Rp 190.000 per orang.

5. Cagar Alam Tsingy de Bemaraha, Madagaskar

gambar hutan paling indah di dunia

Madagaskar yang merupakan pulau terbesar ke-4 di dunia memiliki kawasan cagar alam yang begitu mempesona. Cagar Alam Tsingy de Bemaraha berlokasi di kawasan Melaky, dekat pantai sebelah barat Madagaskar.

Kondisi geografi yang unik dimiliki oleh tempat ini, yaitu perpaduan hutan bakau dengan populasi lemur, dan burung liar. Cagar Alam Tsingy de Bamaraha juga telah menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia Unesco sejak 1990 karena keindahannya yang begitu menawan.

Baca Juga :  (Paddy Field Photo) - Gambar Pemandangan Sawah

6. Taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat

hutan paling keren indah cantik di dunia

Taman Nasional yang berlokasi di California ini memiliki pohon raksasa terbesar di dunia. Sebuah pohon berusia lebih dari dua ribu tahun, dengan maskot bernama “General Sherman”. Ketinggian pohon ini mencapai 83,3 meter dan memiliki diameter sekitar 11,1 meter, diperlukan sekitar 6 orang bila ingin melingkari pohon tersebut.

Di Taman Nasional Sequoia sudah tersedia fasilitas yang lengkap, seperti area kemah, museum, restoran, dan juga shuttle bus yang dapat digunakan dengan membayar biaya sekitar USD 15 atau setara Rp 200.000.

7. Hutan Crooked, Polandia

gambar hutan indah di dunia, foto hutan indah di dunia

Kawasan hutan paling indah di dunia berikutnya berlokasi di Negara Polandia. Keunikan di hutan ini adalah keberadaan sekitar 400 pohon pinus dengan batang yang melengkung. Sampai saat ini, masih menjadi pertanyaan yang belum terjawab, mengapa pohon-pohon pinus yang sudah ditanam sejak tahun 1930 tersebut memiliki batang yang melengkung.

8. Hutan Otzarreta, Spanyol

kawasan perhutanan paling cantik terindah di dunia

Hutan Otzarreta yang berlokasi di Basque, Spanyol, ini adalah bagian dari Taman Nasional Gorbeia. Kawasan hutan ini begitu misterius, terkadang secara tiba-tiba muncul kabut tebal yang menyelimuti hutan.

Hutan Otzarreta termasuk kawasan hutan terindah di dunia karena memiliki pohon-pohon yang begitu besar dengan beragam bentuk yang aneh.

9. Hutan Hallerbos, Belgia

hutan terbaik di dunia

Ketika musim semi tiba, Hutan Hallerbos memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan layaknya dalam dunia dongeng. Bila musim semi di Jepang akan dipenuhi dengan Bunga Sakura, di kawasan hutan Hallerbos ini akan begitu banyak bunga bluebells (si lonceng biru) yang bisa Anda temui.

Baca Juga :  Penyakit Puru Pada Tanaman Mangga

Saat musim liburan tiba, kawasan Hutan Hallerbos akan ramai dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia. Sebaiknya datanglah lebih awal bila ingin puas menikmati keindahan di hutan ini.

10. Taman Nasional The Great Trossachs, Skotlandia

11 hutan paling indah di dunia

Taman Nasional The Great Trossachs, Skotlandia, ini terletak di sepanjang Bonnie Banks o’Loch Lomond. Hingga saat ini lokasi tersebut menjadi kawasan konservasi alam skala besar yang terus berkembang.

Tempat wisata hutan ini menjadi tempat edukasi yang menarik, dan setiap harinya telah dikunjungi oleh 500 pelajar dari seluruh dunia.

11. Taman Nasional Tanjung Puting, Indonesia

hutan yang indah di indonesia, hutan yang indah di dunia, hutan yang ada di indonesia

Indonesia memiliki banyak hutan dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Salah satunya terdapat di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Taman Nasional Tanjung Puting ini bahkan disebut-sebut sebagai “Hutan Amazon-nya Indonesia”. Kawasan hutan ini juga menjadi salah satu daerah paling penting di Asia Tenggara.

Tidak hanya sebagai “paru-paru dunia”, tapi juga sebagai tempat pelestarian bagi beragam jenis primata, burung, reptil, dan ikan air tawar. Orangutan menjadi salah satu hewan primadona yang ada di kawasan hutan ini. Demikian 11 tempat wisata hutan terbaik dan paling indah dari seluruh dunia.

Kawasan hutan merupakan daerah yang sangat penting untuk diperhatikan kelestariannya karena tidak hanya menjadi habitat bagi beragam jenis hewan langka, tapi juga ‘paru-paru dunia’ yang penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Loading...
error: