10 Fakta Unik Rusia yang Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

ngasih.com. Rusia dan rahasia memiliki ikatan khusus yang sulit untuk diretas. Kendati tahun 2018 menjadi tahun yang semarak bagi Rusia karena penyelenggaraan World Cup, namun persona Rusia tetaplah negara adidaya yang misterius. Bangsa ini tidak mudah ditebak dan menyimpan fakta-fakta tidak terduga.

Ya, kita bisa saja sepakat, bahwa sejarah panjang, kekayaan budaya, dan kemegahan topografi memberi pesona luar biasa pada Rusia. Namun, negara ini mempunyai banyak wajah. Kita tidak akan benar-benar paham, apa saja yang membentuk entitas Rusia sebagai negara yang berkuasa memengaruhi dunia.

Tapi, kita tidak perlu membongkar data-data dari dokumen rahasia. Sekelumit fakta unik tentang Rusia saja, sudah bisa bikin kamu geleng-geleng kepala. Tidak percaya? Berikut ini 10 fakta menarik tentang Rusia:

1. Bodybuilding dan powerlifting

fakta tentang perempuan rusia, fakta perempuan rusia

Bukan hanya laki-laki, para perempuan Rusia juga menggemari bodybuilding dan powerlifting. Contohnya si wajah barbie Julia Vins, binaragawati Nadezhda Alexandrovna Yevstyukhina, yang menjadi pemenang medali emas di usia 17 tahun. Ada pula Maryana Naumova, juara dunia angkat berat yang termuda dalam sejarah.

Baca Juga :  Daftar Games PC Terbaik Tahun 2015

2. Olahraga sebagai bagian dari budaya

fakta menarik tentang rusia

Olahraga menjadi salah satu ajang untuk menyalurkan hasrat kompetitif warga Rusia. Atlet-atlet asal Rusia, selalu gigih berjuang untuk menang dan mencatat rekor dunia. Sehingga, Rusia bisa masuk dalam daftar perolehan medali terbanyak dalam olimpiade.

3. Wanita dalam dunia politik

10 fakta tentang rusia

Meski tergolong negara konservatif, beberapa perempuan juga bisa ambil bagian dalam dunia politik Rusia. Seperti yang dibuktikan oleh Natalia Poklonskaya, yang menjadi Wakil Duma Negara.

4. Populasi perempuan lebih banyak dari laki-laki

fakta menarik wanita rusia

Berdasarkan statistik, jumlah perempuan di Rusia 10,5 juta lebih banyak dari laki-laki. Namun, ini bukan disebabkan oleh banyaknya kelahiran bayi perempuan, melainkan karena tingkat kematian laki-laki yang tinggi akibat minuman keras, kecelakaan mobil, bahkan stress.

5. Pasar Pepsi yang besar

fakta buruk rusia

Rusia merupakan pasar Pepsi terbesar kedua di dunia. Bahkan, tahun 1959, Perdana Menteri Uni Soviet Nikita Khrushchev dan Wakil Presiden Richard Nixon tertangkap kamera tengah berada dalam urusan politik sembari minum Pepsi.

6. Pajak atas jenggot

fakta unik di rusia

Terdapat suatu peraturan aneh, yaitu wajib pajak bagi laki-laki yang ingin menumbuhkan jenggot. Pajak ini ditetapkan oleh Kaisar Peter I tahun 1698, karena jenggot dianggap ciri khas warga Eropa Barat. Jika menolak bayar pajak aneh ini, maka akan dicukur di depan umum oleh polisi.

Baca Juga :  15¬†Drummer Terbaik Sepanjang Masa

7. Kosmonot yang hilang

fakta gila negara rusia

Kompetisi antara Rusia dan AS dalam bidang antariksa rupanya telah memakan korban. Selama tes penerbangan hingga peluncuran, seringkali terjadi kecelakaan yang menyebabkan kosmonot tewas. Catatan mereka dihilangkan, dan hanya disebut sebagai kosmonot yang hilang.

8. Kota-kota rahasia

fakta perang rusia

Rusia memiliki ZATO, Entitas Administratif-Teritorial Tertutup. Inilah kota-kota rahasia yang menjadi lokasi industri kimia dan militer. Saking rahasianya, tidak ada yang boleh masuk ke sana dan keberadaannya pun dihapus dari peta. Mengerikan!

9. Bahasa asli

fakta unik bahasa rusia

Digunakan sebagai bahasa asli oleh sekitar 260 juta orang, bahasa Rusia, yang tidak mengandung “the” dan “a”, menjadi bahasa lisan asli terbesar dan urutan ke-8 paling sering diucapkan di dunia.

10. Makna kontes kecantikan

fakta rusia wanita, fakta tentang perempuan rusia, fakta tentang wanita rusia, fakta menarik wanita rusia

Masuk dalam ajang Miss Universe atau Miss World menjadi perkara yang sangat berarti bagi perempuan Rusia. Mereka selamat dari maraknya perdagangan perempuan dan berniat untuk melawan kondisi tersebut melalui kampanye di kancah dunia.

Menarik, ya! Yuk, berkunjung ke Rusia, dan rasakan langsung aura penuh rahasia yang menyelimuti setiap sudutnya.

Loading...
error: