5 Tanaman Raksasa Terbesar yang Pernah Ditemukan, Nomor 4 di Indonesia!

ngasih.com. Selayaknya manusia, pertumbuhan dan perkembangan tanaman dipengaruhi faktor genetis dan lingkungan. Nature dan nurture. Satu tanaman bisa memiliki kode genetik yang sama, namun mengalami paparan lingkungan yang berbeda. Lantas, perbedaan dalam aspek nurture akan membuat tanaman tumbuh unik dan istimewa.

Berbeda dengan kebun, sawah, atau taman yang telah dibatasi takaran manusia, nurture langsung oleh bumi terkendali oleh keseimbangan alam. Unsur hara, suhu udara, ketersediaan air, dan kondisi lain bisa beragam, tergantung bentang alam yang menjadi lokasi tumbuh kembangnya. Apabila lingkungan mendukung, tanaman bisa menghasilkan produk yang melimpah, bahkan berukuran di atas normal.

Dan, asumsi tersebut telah terbukti. Di beberapa sudut dunia, ditemukan tanaman raksasa yang jauh melampaui ukuran biasa. Tanaman apa saja dan di mana lokasinya? Berikut ini 5 tanaman raksasa terbesar yang pernah ditemukan:

1. Bristlecone pine (Pinus Bristlecone)

pohon yg terbesar di dunia, pohon apa yang terbesar di dunia, 10 pohon terbesar di dunia, pohon terbesar di dunia 2016, pohon terbesar di dunia 2017-2018-2019-2020, 5 pohon terbesar di dunia, 6 pohon terbesar di dunia, 7 pohon terbesar di dunia

Benih unggul bisa tumbuh di mana saja, bahkan di lingkungan yang tersulit sekalipun. Sebagai salah satu tanaman terbesar di dunia, Bristlecone pine membuktikan bahwa sumber daya bisa didapatkan di mana saja, selama ada kemampuan untuk menyerapnya. Pohon pinus tertua yang terletak di Amerika bagian utara ini memiliki tinggi kurang lebih 10500 kaki dan tangguh bertahan hidup di tepi tebing berbatu.

Baca Juga :  20 Orang Terkaya Di Dunia Tahun 2015

2. Giant sequoia (Sequoia raksasa)

pohon paling besar dan tinggi di dunia, pohon paling besar dan tua di dunia, pohon paling besar dunia, pohon paling besar di dunia, pohon apa yang paling besar di dunia, pohon paling terbesar di dunia

Karena ukuran jumbonya, pohon bernama Sequoia raksasa ini disebut giant sequoia. Deretan pohon ini menjadi pencakar langit alami yang berhasil mengalahkan ketinggian Patung Liberty. Untuk menengoknya, kamu bisa datang ke kawasan kecil pada lereng barat Pegunungan Sierra Nevada, California. Giant sequoia bisa mencapai tinggi 300 meter dan hidup selama 3000 tahun. Kulit pohonnya saja setebal 90 cm dan berbobot 1250 ton. Fantastic!

3. Victoria amazonica (Teratai raksasa)

tanaman terbesar di dunia, tanaman bunga terbesar, tumbuhan terbesar di dunia, tumbuhan terbesar di indonesia, foto tanaman terbesar, tumbuhan yang terbesar di dunia, tanaman yang terbesar di dunia, tanaman yang terbesar

Kita mengenal wilayah Amazon atas kemurnian alamnya. Tidak banyak eksplorasi maupun intervensi tangan manusia di sana. Maka tak heran, tanaman-tanaman di wilayah ini tumbuh subur dan sejahtera. Salah satunya, dalam wujud teratai raksasa yang bernama Victoria amazonica. Teratai gigantik ini ditemukan di anak sungai Amazon, Amerika Selatan, pada tahun 1801. Victoria amazonica menjadi bunga nasional Republik Guyana dan tampak begitu menakjubkan dengan daun berdiamater 10 kaki dan tangkai sepanjang 26 meter.

4. Musa ingens

pohon pisang terbesar, pohon pisang terbesar di papua, pohon pisang terbesar di indonesia, pohon pisang terbesar papua, pohon pisang terbesar di papua nugini, pohon pisang terbesar dunia, pohon pisang terbesar irian jaya, foto pohon pisang terbesar di dunia

Meski berada dalam gempuran pembangunan negara berkembang, masih ada sebagian bentang alam Indonesia Timur yang minim sentuhan manusia. Daya dukung lingkungan yang baik, membantu vegetasi di sana tumbuh dengan optimal. Itulah yang terjadi pada Musa ingens, pohon pisang raksasa yang ditemukan oleh Jeff Daniells di Kabupaten Pegunungan Arfak. Musa ingens tumbuh hingga mencapai 15 meter, dengan keliling batang 2 meter. Hasilnya pun melimpah, berupa 60 kg pisang, yang masing-masing sepanjang 18 cm dan diameter 3-4 cm.

Baca Juga :  10 Model Celana Aneh, Unik dan Menggelikan

5. The reed creek fir

gambar pohon terbesar dunia, pohon jati terbesar di dunia, pohon kayu terbesar di dunia, pohon purba terbesar di dunia, foto pohon ulin terbesar di dunia, urutan pohon terbesar di dunia, www.pohon terbesar di dunia, pohon terbesar yang ada di dunia, pohon apa yang paling besar di dunia, gambar pohon paling besar di dunia, gambar pohon yang paling besar di dunia, pohon yang paling besar di dunia

via : thepinsta.com

Kamu dapat menjumpai pohon cemara terbesar ini di British Columbia, wilayah selatan Kanada sampai California. Tanaman raksasa asal Amerika Utara ini volume batangnya diperhitungkan sebesar 349 meter kubik, dengan tinggi sekitar 100-120 meter. Untuk menghiasnya sebagai pohon natal, pastilah membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Nah, jika menyaksikan pepohonan tumbuh sebesar itu, kebayang kan, betapa kecilnya kita di tengah alam semesta?

Loading...
error: