17 Makanan Khas Australia yang Harus Kamu Coba

ngasih.com. Kalau bepergian ke suatu tempat, termasuk Australia, tiga incaran utama anda tak jauh dari kebudayaan, objek wisata, dan makanan khas di sana. Demikian juga ketika bercengkerama dengan penduduk setempat, tiga hal tersebut selalu menjadi pembahasan hangat. Khusus makanan, Australia menawarkan berbagai pilihan dengan sensasi berbeda.

Ada makanan yang wajar di lidah, lebih enak, aneh, atau mungkin menjijikkan. Makanan apa saja? Berikut ini 17 makanan khas Australia yang harus kamu coba :

1. Vegemite

makanan halal di australia, makanan enak di australia, makanan murah di australia, makanan khas di australia, makanan indonesia di australia, makanan favorit australia, foto makanan australia, gambar makanan australia, makanan khas australia, makanan khas australia yang halal

Para pendatang Australia sering menemukan pasta ganjil ini. Mayoritas orang asing yang mencicipi Vegemite enggan mencobanya lagi. Baunya tidak sedap dan rasanya sangat asin. Rupanya pasta ini terbuat dari ekstrak ragi, aneka sayuran, dan rempah-rempah tambahan. Uninya, orang Australia hobi mengonsumsi Vegemite dengan roti, alpukat, tomat, keju meleleh, dll.

2. Fairy bread/ roti peri

Anak-anak pasti senang menatap roti ini. Selera mereka juga dijamin mudah tergiur. Pasalnya, fairy bread merupakan roti tawar yang dioles mentega dan ditaburi sprinkes manis nan warna-warni.

3. Tim Tams

Camilan ini tentu sudah tidak aneh di lidah orang Indonesia. Kebanyakan orang tentu tak kesulitan menjadi biskuit cokelat ini sebagai camilan kesukaan. Apalagi bagi para pemilik sweet tooth, alias pencinta makanan manis.

4. Meat Pie/ Pai daging

Sebagian besar dari kita berpikir kalau pai adalah kue yang berisi buah-buahan, agar-agar, atau krim. Pai sering dijadikan sebagai camilan atau makanan penutup. Karena itu, pai berisi daging tentu memunculkan kesan aneh. Tak heran kalau ada yang sampai muntah, karena tidak terbiasa memadukan pai dengan daging cincang. Ada juga pilihan isian lain seperti jamur, keju, bawang, dll.

Baca Juga :  13 Jajanan Pinggir Jalan “Street Food” Indonesia yang Laris

5. Anzac Cookies/ Biskuit Anzac

jenis makanan australia, bawa makanan ke australia, makanan khas melbourne australia, makanan yang boleh masuk australia, ciri khas makanan australia, oleh oleh makanan australia, karakteristik makanan australia, daftar makanan australia, makanan negara australia makanan pokok negara australia, makanan tradisional negara australia

Nama kue atau biskuit ini memiliki arti Australian and New Zealand Army Corps, yang dulu berjuang sepanjang Perang Dunia I. Waktu itu, para istri memanggang kue ini sebagai bekal para pejuang di medan perang. Bahannya adalah kelapa, gandum, dan sirup. Makanan murah meriah ini enak dan bergizi. Ada hari khusus ANZAC, yang dijadikan waktu berlibur atau selebrasi para pejuang negara.

6. Chicken parmigiana

Tempat makan Australia, khususnya pub, biasanya menawarkan makanan ini. Para pembeli biasanya menikmati chicken parmigiana dengan bir. Menu ini sendiri terdiri dari ayam schnitzel dengan saus tomat dan lelehan keju.

7. Fish and Chips/ Ikan dan keripik

Sesuai namanya, makanan ini merupakan kolaborasi antara ikan dan keripik. Ternyata keduanya bisa menjadi duet maut yang enak. Apalagi ikan-ikan Australia dikenal segar dan enak.

8. Pavlova

Pavlova asal Australia selalu menjadi godaan berat. Puding kue ini dilengkapi dengan buah dan whipped cream yang memanjakan lidah. Makanan ini mudah ditemukan di toko roti, kue, atau supermarket.

9. Beetroot

Dari wujudnya saja, hanya sedikit orang yang kuat menahan diri untuk tidak melahapnya. Burger, salad, sandwich mereka memang lezat. Lebih lagi jika diberi tambahan buah beet atau si umbi merah.

Baca Juga :  7 Makanan dengan Wujud Aneh dan Mengerikan, Berani Coba?

10. Witchetty Grub

Witchetty grub adalah semacam ulat, ngengat, atau larva pemakan kayu yang berwarna putih dan berukuran besar. Namun yang biasanya dimakan adalah Endoxyla leucomochla, yang senang memakan akar semak-semak wichetty. Bahan makanan ini banyak ditemukan di Australia tengah. Makanan aneh ini mengandung protein, seperti halnya ayam dan sepotong steak.

11. BBQ

makanan khas di negara australia, makanan orang australia, menu makanan orang australia, makanan sehari hari orang australia, makanan khas perth australia, makanan tradisi australia, makanan untuk travel australia

Australia tak hanya identik dengan kanguru dan berselancar, melainkan juga barbekyu. Teknik memasak panggang mereka biasanya melibatkan daging, sosis, steak, roti, burger, seafood segar, ikan, saus khusus barbekyu, dan kadang-kadang salad. Mereka biasanya mengadakan acara BBQ di mana-mana, tak hanya di komplek perumahan, melainkan di tempat wisata seperti pantai juga.

Daging kanguru

Hewan berkantung ini tak hanya jadi objek tontonan atau bahan foto. Kanguru juga sering diambil dagingnya. Restoran dan supermarket Australia juga selalu menyediakannya. Daging kanguru sendiri merah dan tanpa lemak. Untuk itu, banyak yang mengincarnya sebagai bahan pembuatan steak, sosis, burger, atau dimasak dengan bumbu tertentu.

Emu

Terdengar aneh, memang. Emu adalah burung lambang nasional Australia, namun penduduknya hobi melahap burung besar yang tak bisa terbang ini. Pemandangannya mirip dengan kanguru. Anda bisa menemukan dagingnya di supermarket atau restoran.

Barramundi

makanan orang australia, menu makanan orang australia, makanan sehari hari orang australia, makanan khas perth australia, makanan tradisi australia, makanan untuk travel australia

Karena populer, menu dari ikan ini juga sering dijajakkan. Ikan laut ini diambil dari perairan Australia dan Indo-Pasifik. Jika diartikan, barramundi sendiri merupakan ikan kakap putih, dikenal dengan nama Pla kapong di Thailand dan Barramundi di Australia. Oleh komunitas ilmiah Internasional ikan ini disebut sebagai Asian sea bass. Banyak orang mengklaim kalau rasa ikan ini lezat dan patut dicoba.

Baca Juga :  7 Sayuran Favorit yang Kini Langka di Meja Makan, Tahu Rasanya?

Lamington

Pencinta kelapa mesti mencicipi kue bolu ini. Apalagi kue ini sering diselimuti saus cokelat, saus raspberry, dan parutan kelapa juga. Akan lebih mantap lagi jika anda menikmatinya bersama secangkir teh di sore hari bersama teman atau keluarga.

Alpukat

Buah ini tentu bukan makanan langka bagi orang Indonesia. Namun warga Australia sepertinya memiliki kecintaan lebih tinggi. Mereka seakan selalu menyajikan alpukat ke dalam menu sarapan atau sajian telur. Kafe-kafe di sana selalu menawarkan menu alpukat bersama telur goreng, telur rebus, atau telur orak-arik bagi pelanggannya.

Golden Gaytime

Namanya agak menggelitik. Rupanya Golden Gaytime ialah sejenis es krim vanilla dan toffee (gula-gula/ permen), yang dicelupkan ke dalam cokelat dan ditutup oleh potongan biskuit. Es krim buatan Streets ini juga merilis pilihan rasa lain seperti Pina Colada dan Unicorn.

Seaneh dan seunik apapun makanan khas daerah tertentu, rasanya tak afdal kalau tidak mencoba. Ada yang ternyata ramah di lidah, ada juga yang masih belum diterima indera perasa. Meski demikian, rasa penasaran anda jadi terobati, bukan? Nah, dari deretan makanan khas Australia di atas, mana yang ingin anda coba? Makanan Khas Australia yang Harus Kamu Coba. #RD

Loading...
error: