8 Daun dan Sayuran yang Bisa Digoreng Berbalut Tepung

ekor9.com. Sayuran menjadi bahan makanan yang penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi manusia. Namun, ada sebagian orang yang cenderung enggan mengomsumsi sayur karena rasanya yang segar, cenderung langu, dan kurang gurih.

Karena itulah, bermunculan kreasi olahan sayur yang lebih menggoda dan menggugah selera. Salah satunya dalam wujud tempura.

Menurut wikipedia : Tempura atau tenpura adalah makanan Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda.

Sayuran dibalut terlebih dahulu dengan tepung biasa atau tepung bumbu, kemudian digoreng. Dengan begitu, rasa alami sayuran tersamarkan, serta menjadi lebih sedap.

Nah, ingin tahu apa saja daun sayuran yang enak digoreng berbalut tepung? Berikut ini daftar sayuran yang wajib kamu coba:

1. Kembang kol

sayuran digoreng, sayuran digoreng itu sehat, bahaya sayuran digoreng, sayuran yang bisa digoreng tepung, sayuran yang tidak boleh digoreng

via : tribunnews

Biasa digunakan sebagai komposisi capcai atau sup sayuran, kembang kol juga dapat dijadikan camilan. Kembang kol yang berlumur tepung bumbu dan digoreng akan menjadi kudapan lezat. Gurih, enak, dan sulit untuk kamu tolak.

Baca Juga :  10 Daftar Mie Instan Paling Enak "Terlezat" di Dunia, Indonesia Tetap Juara!

2. Brokoli

brokoli goreng tepung, sayuran yang enak digoreng, sayuran yang digoreng, sayuran apa saja yang bisa digoreng

Mirip dengan kembang kol, brokoli juga biasa kita manfaatkan sebagai bagian dari sup, tumisan, cah, dan bahan utama pada berbagai jenis olahan. Namun, brokoli berbalur tepung tidak boleh kamu lewatkan. Gurih, sedap, dan menggiurkan. Sekali coba, pasti ketagihan!

3. Wortel

sayuran digoreng itu sehat, bahaya sayuran digoreng, sayuran yang bisa digoreng tepung, sayuran yang tidak boleh digoreng

Bagi yang belum pernah coba, wortel goreng berbalut tepung akan terdengar aneh. Tapi, bukankah bakwan juga mengandung potongan wortel? Karena itu, coba dulu, deh. Iris wortel berbentuk bundar, lumuri tepung, dan goreng. Tempura wortel ini terkesan mudah, tapi siap memanjakan lidah kamu dengan ledakan rasa yang gurih dan manis. Yummy!

4. Bayam

daun bayam goreng tepung, daun singkong digoreng, daun yang bisa digoreng, daun ketela goreng nasi goreng daun limau, daun mulberry goreng, daun mulberi goreng, daun mulberi goreng tepung, daun mengkudu untuk nasi goreng, daun singkong goreng, daun sembukan goreng, daun singkong tahu goreng, daun ubi goreng, resepi daun ubi goreng, resipi daun ubi goreng

Keripik bayam sudah tidak asing bagi kamu yang sering menyambangi toko oleh-oleh di Jawa Barat. Daun bayam yang digoreng dengan berlapis tepung memang rasanya begitu cetar membahana. Tidak heran, sajian satu ini sudah tersohor di mana-mana. Biasanya, daun bayam yang digunakan berukuran jumbo, sebesar telapak tangan orang dewasa.

5. Buncis

buncis goreng tepung, daun goreng, daun goreng tepung, gorengan daun singkong

Menyantap buncis di dalam sup itu biasa. Agar tidak bosan, cobalah tempura buncis dengan baluran tepung bumbu. Kamu yang tidak menyukai buncis, bisa-bisa malah menjadikannya sebagai camilan favorit!

Baca Juga :  8 Jenis Bunga yang Bisa Dimasak Dijadikan Santapan, Pernah Coba?

6. Kol

Siapa yang tidak candu pada olahan ini? Biasanya, kol goreng menjadi pelengkap sajian yang paling digandrungi pada menu lele goreng, ayam penyet, dan semacamnya. Ngaku saja, pasti kamu juga suka!

7. Lobak putih

Kamu tidak suka lobak? Coba dulu lobak putih goreng yang super enak ini. Nikmat banget untuk menemani kamu menonton film, bersantai, dan bercengkerama dengan keluarga.

8. Terong

Kalau yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Terong goreng biasa saja sudah enak dengan perpaduan gurih manis yang menakjubkan, apalagi terong goreng tepung. Tinggal di tambah sambal, hmm … perfecto!

Jika kamu ingin mencoba kudapan-kudapan di atas, kamu dapat menggunakan tepung bumbu instan atau racikan sendiri dengan mencoba resep yang dilansir dari ibudanmama.com (18/02/2014), berikut ini:

  • 100 gram tepung terigu
  • 2 sdm tepung kanji
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Campurkan seluruh bahan hingga siap menjadi selubung pada sayuran. Setelah itu, goreng hingga coklat keemasan.

Baca Juga :  10 Sayuran terbaik untuk ditanam di halaman rumah

Selamat menikmati! Daun sayuran yang bisa digoreng #NSP

Loading...
error: