Pernah Lihat Bola-Bola di Kabel Listrik? Ternyata Ini Fungsinya!

ekor9.com. Di sekitar wilayah pertanian, perkebunan, atau lahan kosong yang luas, sering kali kita jumpai tiang-tiang dan bentangan kabel listrik bertegangan tinggi, atau yang populer dengan sebutan SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi). Nah, apabila kita sedikit lebih cermat, pada bentangan kabel tersebut tersemat bola-bola berwarna terang. Pernah lihat?

Bola di kabel listrik

fungsi bola di kabel listrik tegangan tinggi, fungsi bola di kabel listrik bertegangan tinggi, fungsi bola di kabel listrik, fungsi bola pada kabel listrik

Rupanya, bola-bola itu bukan mainan yang tersangkut atau sekadar hiasan ronce agar tampak lebih imut, lho. Tanpa bermaksud sebagai sentuhan estetika atau iseng belaka, bola-bola pada kabel SUTET memiliki fungsi yang unik dan istimewa.

Fungsi bola di kabel listrik tegangan tinggi

Lagipula, tentu kamu juga sadar, tidak semua kabel listrik memilikinya. Bola-bola tersebut tidak ada pada kabel yang terbentang di tengah kota atau tempat ramai. Maka, jika kamu kira bola-bola itu sebagai peredam tegangan atau hambatan, dugaan tersebut bukan jawaban yang tepat.

Coba kita analisis.

Pertama, bola-bola SUTET itu berwarna terang dan menarik perhatian. Kedua, bola-bola tersebut hanya terdapat pada bentangan kabel yang berlokasi di sekitar lahan luas seperti sawah, kebun, atau tanah lapang. Ketiga, kabel yang diberi bola-bola hanya bentangan yang terletak paling atas (kabel penangkal petir).

Baca Juga :  7 Sosial Media yang Sering Dipakai Orang Jepang

Nah, jika dikorelasikan, kita akan menemukan jawaban.

Ternyata tujuan pemasangan bola-bola pada kabel listrik bertegangan tinggi, berkaitan dengan protokol keamanan penerbangan. Bola-bola tersebut sengaja disematkan agar dapat dilihat oleh para penerbang, seperti pilot pesawat dan pilot helikopter.

Kondisinya, ketika hendak melakukan pendaratan pesawat atau helikopter secara normal atau darurat, para pilot harus waspada terhadap kabel listrik bertegangan tinggi. Namun, rupanya bentangan kabel listrik tidak terlihat jelas jika dipantau dari atas.

Maka, perlu ada pemasangan bola-bola berwarna terang (biasanya oranye), sebagai acuan spasial ketika pendaratan. Dengan alasan serupa, bola-bola tersebut juga disematkan pada bentangan kabel listrik yang ada di sekitar bandara.

Lantas, mengapa harus bola, dan bukan tabung, balok, atau bentuk lainnya?

Jawabannya sederhana. Bentuk bola merupakan bentuk yang paling aerodinamis. Sehingga, karena bersahabat dengan pergerakan udara, meski diletakkan di tempat yang tinggi, bola-bola ini tidak mudah lepas, terombang-ambing, atau terpengaruh oleh terpaan angin kencang.

bola di kabel listrik, fungsi bola di kabel listrik tegangan tinggi, fungsi bola di kabel listrik bertegangan tinggi, fungsi bola di kabel listrik, fungsi bola pada kabel listrik

Wah, menarik, ya.

Ternyata di sekitar kita terdapat detail-detail unik yang jarang diketahui, bahkan kerap kali tidak disadari orang. Padahal, komponen atau peristiwa kecil saja dapat berdampak sangat signifikan bagi peradaban dunia.

Baca Juga :  9 Smartphone Murah Terbaik Di Bawah 1,5 Juta

Karena itulah, sejak kecil, rasa ingin tahu menjadi modal besar dalam perkembangan pikiran seorang manusia. Melalui kegiatan eksploratif, dalam arti melihat lebih dekat serta memaknai lebih dalam, kita dapat menemukan berjuta elemen semesta yang amat istimewa. Termasuk pula, keunikan dan potensi besar yang tertanam dalam diri manusia.

Dengan begitu, dunia akan menjadi taman bermain yang sangat menarik, bukan? Selamat mengamati!

Loading...
error: